FITRA: Anggaran Blusukan Jokowi-Ahok Rp26,6 Miliar

Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (news.lintas.me)
Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (news.lintas.me)

Jakarta — Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) merilis anggaran blusukan Jokowi di tahun 2013 mencapai Rp 26,6 miliar

“Anggaran blusukan Jokowi atau belanja penunjang operasional tahun 2013 sebesar Rp 26,670 juta per tahun,” kata Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra, Uchok Sky Khadafi, Sabtu (20/7) malam.

Jika dijabarkan lebih rinci, per harinya anggaran blusukan Jokowi-Ahok mencapai Rp 74 juta. Itu artinya Jokowi dan Ahok masing-masing mendapat alokasi anggaran Rp 37 juta.

Anggaran tersebut lanjut Uchok, diambil dari belanja penunjang operasional APBD 2013. Anggaran penunjang operasional ini lebih besar dibanding era Fauzi Bowo.

“Anggaran blusukan Foke pada tahun 2012 hanya sebesar Rp 17,640 juta,” sebutnya.

Uchok mengkritik besarnya anggaran yang tidak diikuti dengan hasil dari kunjungan lapangan. Uchok menganggap blusukan Jokowi hanya sekadar menghabiskan anggaran.

“Untuk membenahi Jakarta bukan dengan cara blusukan, tetapi dengan benahi itu birokrasi, tata dengan baik para aparat birokrasi, dan ajarkan aparat Pemda itu melayani rakyat dengan tulus, tanpa embel-embel apapun termasuk melakukan pungli kepada rakyat,” kritiknya sinis.

ach/dtk/rmnews

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.