Direktur Penjara Ila Dukung Breivik Lanjutkan Pendidikan

Knut Bjarkeid. (Foto: dagbladet)
Knut Bjarkeid. (Foto: dagbladet)

Oslo, FK – Knut Bjarkeid, Direktur Penjara Ila, tempat Anders Behring Breivik (34 tahun) ditahan, mengatakan bahwa mereka selalu membantu narapidana untuk mendapatkan pendidikan formal. Breivik sendiri dilaporkan akan mendaftarkan diri di Universitas Oslo, meski banyak pihak dari kampus yang menolaknya.

“Penjara selalu berupaya memfasilitasi narapidana agar mereka mendapat kualifikasi formal sehingga memiliki ketrampilan untuk mendapat pekerjaan jika sudah ke luar,” tutur Bjarkeid dalam wawancara dengan TV2.

Tahun lalu, juru bicara penjara Ila, Ellen Bjercke, mengatakan kepada BBC bahwa jika Breivik mendapat izin untuk mengikuti pendidikan maka dia hanya akan diizinkan menggunakan internet yang khusus disediakan oleh penjara dengan berbagai saringan.

Breivik saat ini tengah menjalani hukuman 21 tahun penjara, karena memasang bom mobil di dekat sebuah kantor pemerintah di Oslo, Juli 2011, sebelum menuju ke Pulau Pulau Utoeya di pinggiran Oslo yang menjadi tempat perkemahan pemuda Partai Buruh. Di tempat itu dia melepas tembakan secara serampangan dan menewaskan 77 orang serta melukai sedikitnya 244 orang. -bbc/blc-

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.