SBY-Koalisi Kecewa, PKS Didepak?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Ketua Setgab dan Ketua Umum Partai Demokrat) (news.okezone.com)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Ketua Setgab dan Ketua Umum Partai Demokrat) (news.okezone.com)

Jakarta — Koalisi pro-pemerintahan SBY-Boediono agaknya sepakat ‘mendepak’ Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dalam rapat tertutup malam tadi, Selasa (11/6), di JCC Senayan, Jakarta, wakil PKS lagi-lagi tak diundang. Setgab menganggap tidak perlu lagi bernegosiasi dengan PKS yang sebelumnya sudah menolak kenaikan harga BBM.

Hadir dalam rapat tertutup tadi malam, antara lain Ketua Setgab (yang juga Presiden RI dan Ketua Umum Partai Demokrat) Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Menko Polhukkam Djoko Suyanto, Ketua Umum PAN (yang Menko Perekonomian) Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkumham Amir Syamsuddin, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

“Kita harapkan APBN-P 2013 berjalan sesuai waktunya (17 Juni). Kalau sikap PKS sudah tidak perlu ditanya lagi,” ujar Hatta Rajasa.

Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menegaskan bahwa Presiden dan anggota koalisi sangat kecewa dengan sikap penolakan PKS. Menurutnya, PKS tak sejalan dengan pemerintah dalam memperbaiki perekonomian.

“Ternyata PKS berbeda dengan kita. Saya pikir itu, dan tentunya koalisi sangat kecewa,” tutur Syarief.

Ketum PPP Surya Dharma Alie menegaskan bahwa koalisi terikat dengan code of conduct. Dalam kontrak itu, jika pemerintah mengambil kebijakan sangat strategis, harusnya anggota koalisi memberikan dukungan.

Selain itu, tuturnya, koalisi juga menyesalkan pemahaman yang dibangun PKS, bahwa yang setuju kenaikan BBM tidak pro-rakyat, sedangkan yang menolak dianggap pro-rakyat.

“Itu tidak hanya melukai Presiden, namun juga anggota koalisi. Harusnya senang sama-sama, susah sama-sama. Ini kan pemerintah juga tidak senang menaikkan harga BBM bersubsidi,” tegas Suryadharma.

Koalisi Setgab terdiri dari lima parpol pendukung pemerintah: Partai Demokrat, PKB, PPP, PAN, Golkar dan PKS. Namun, dalam pertemuan kali ini tidak ada petinggi PKS yang hadir. Belum ada konfirmasi mengenai tema pembahasan rapat Setgab tadi malam. Kemungkinan besar terkait konsolidasi pembahasan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi yang diiringi pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

flo/jpnn/jotz

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.