DPR Akan Uji Calon Deputi Gubernur BI

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis. (ist)
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis. (ist)

Jakarta, FK – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis mengatakan DPR akan menggelar uji kepatutan dan kepantasan tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia pada awal Juli mendatang.

Dihubungi di Jakarta, Rabu (5/6), Harry mengatakan tiga nama yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengisi posisi Muliaman D Hadad yang mengundurkan diri adalah Asisten Gubernur BI Hendar, Asisten Gubernur BI Mulya Siregar dan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Devisa Tresna W Suparyono.

“Suratnya sudah diajukan Presiden akhir Mei lalu. Tetapi baru akan kita uji awal Juli, karena kita masih sibuk dengan berbagai agenda seperti pembahasan RAPBNP 2013 dan 2014,” kata Wakil Ketua Komisi XI ini.

Menurutnya, pengajuan tiga calon Deputi Gubernur BI ini tidak menyalahi UU BI yang mengatur dalam satu tahun hanya boleh ada dua kali pemilihan anggota Dewan Gubernur BI.

“Pak Mulyaman kan mengundurkan diri sebelum masa jabatannya habis. Jadi ini masih diajukan lagi meski tahun ini sudah ada dua kali pemilihan anggota Dewan Gubernur,” katanya.

Harry mengatakan, pihaknya akan terlebih dahulu mengundang PPATK dan BIN untuk memberikan laporan mengenai rekam jejak ketiga calo tersebut.

“Setelah ada masukan dari PPATK dan BIN baru kita akan uji ketiganya,” kata Harry.

Asisten Gubernur BI Hendar sebelumnya pernah bersaing memperebutkan kursi Dewan Gubernur BI pada Maret lalu, namun kalah dari Perry Warjiyo.

Arf

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.