PELECEHAN SEKS ANAK

Syafii Ma’arif: Banyak Politikus Instan Paska-Reformasi

Ahmad Syafii Ma'arif (shnews.co)
Ahmad Syafii Ma’arif (shnews.co)

 

Jakarta, FK — Mantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma`arif melihat banyak politikus instan yang muncul pascagerakan reformasi di Indonesia. Mereka merupakan politikus kurang persiapan dan ilmu.

“Salah satu penyebab dari ketidaksiapan para politikus itu adalah pembentukan kultur bangsa yang belum selesai,” katanya pada “Political Gathering Songsong Pemilu 2014: Membangun Etika Politik Dalam Ranah Publik”, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu.

Menurut dia, hal itu ditandai dengan belum dijadikannya kebudayaan nasional sebagai salah satu pedoman dalam berpolitik. Selain itu adanya partai Islam yang tidak bisa membuat moral bangsa ini semakin baik.

“Cita-cita kemerdekaan Indonesia yang sangat hebat tidak seperti realita yang ada saat ini. Hal itu diperburuk oleh banyaknya politikus instan dan pembentukan kultur bangsa Indonesia yang belum selesai sehingga diperlukan pemikiran radikal untuk memikirkan Islam dan Indonesia ke depan,” katanya.

Ia mengatakan, kader Muhammadiyah yang ingin terjun ke dunia politik diharapkan lebih mempersiapkan diri dengan baik dan memiliki visi jauh ke depan.

“Lidah harus dilatih agar tangkas dan memiliki visi karena kekuasaan tanpa visi adalah destruktif. Selama ini politikus yang berasal dari Muhammadiyah masih kalah dengan politikus lain,” katanya.

ach/ant

You might also like