Malam ini, layanan BlackBerry Messenger Down

Blackberry Messenger.
Blackberry Messenger.

Jakarta, FK –  Layanan BlackBerry Messenger (BBM) dari sejumlah operator telekomunikasi diketahui bermasalah. Pasalnya, secara tiba-tiba para pengguna Smarthphone tidak bisa mengirim dan menerima pesan pada malam ini, Minggu (12/5).

Ketidaknyamanan tersebut pun sudah ramai diperbincangkan di social media seperti Twitter dan mailing list. Petinggi BlackBerry Indonesia sendiri tidak dapat dihubungi mengenai adanya gangguan tersebut karena tengah ada gelaran acara BB Live di Orlando AS, 12-14 Mei 2013.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S Dewa Broto mengungkapkan layanan telekomunikasi tak boleh terganggu dalam situasi apapun.

“Seharusnya ada laporan dari penyedia layanan atau operator yang bersangkutan, serta kemungkinan adanya ganti rugi pelanggan,” kata Gatot kepada wartawan, Minggu (12/5).

Seperti dilansir merdeka, layanan pesan singkat BBM mulai mengalami gangguan sejak pukul 21.00 WIB. Pesan yang dikirim melalui layanan tersebut langsung bertanda silang merah. Tidak hanya BBM, beberapa aplikasi seperti whatsApp pun turut mengalami gangguan.

Seperti diketahui, pada Oktober 2012, jaringan BlackBerry pernah ngadat karena adanya gangguan pada server sehingga berdampak pada seluruh pengguna BlackBerry di Asia Pasifik.

Menurut pengelola Internet eXchange Point (IXP) Johar Alam, BlackBerry masih menganut sistem pager pada 1980-an yang hanya memiliki satu server di tengah untuk mengirimkan pesan tertulis atau suara, berbeda dengan BlackBerry seri 10 yang sudah memiliki IP sendiri.

“Sehingga kalau ada kerusakan ya pasti bersifat massal, bisa seluruh Asia Pasifik, bisa sedunia, karena servernya cuma satu, meski sekarang sudah ada dua titik gateway,” katanya.

 

mdk/dhn