KPK Sita Empat Rumah LHI

Jakarta, FK — Bukan hanya mobil mewah tersangka LHI (Luthfi Hasan Ishaaq) yang disita. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyita rumah LHI. Banyaknya, sementara ini, empat rumah.

Juru Bicara KPK KPK Johan Budi merinci empat rumah tersebut tersebar di dua wilayah. Satu rumah di Jalan H Samali Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan tiga hunian sekaligus yang terletak di Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur. “Rumah tersebut diduga terkait dengan LHI,” ujarnya.

Menariknya, salah satu rumah di Batu Ampar ternyata atas nama Ahmad Zaki, pria yang disebut-sebut sebagai asisten pribadi atau supir LHI. Sebelumnya, nama Zaki yang juga menjadi pangkal perseteruan antara KPK dan PKS digunakan untuk pembelian sebuah mobil Toyota Fortuner.

Saat diperiksa beberapa hari lalu, Zaki mengaku KTPnya pernah dipinjam oleh LHI. Namun, dia tidak tahu untuk apa karena Zaki sendiri mengaku kaget kalau namanya tertera sebagai pemilik mobil yang harganya diatas Rp 300 juta itu. Tidak diketahui pasti apakah Zaki memang pemilik dan tinggal di rumah tersebut.

Johan Budi menjelaskan, rumah-rumah itu sudah dilakukan penyitaan pada akhir pekan lalu. KPK sendiri belum berhenti pada penyitaan itu, instansi pimpinan Abraham Samad itu akan terus melakukan pelacakan aset. “Keempat rumah itu diduga terkait dengan pencucian uang,” imbuhnya.

dim/jpnn/jotz