Jaksa Pemalsu Putusan Kasus Narkoba Divonis 1,5 Tahun

Suasana Pengadilan Kasus Narkoba (merdeka.com)
Suasana Pengadilan Kasus Narkoba (merdeka.com)

Jakarta, FK — Terbukti memalsukan putusan pengadilan atas terdakwa narkoba, bekas jaksa di Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Sulthoni dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun. Putusan ini terjadi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (2/5).

Ketua Majelis Hakim Tati Hadiyanti juga menyatakan pengadilan juga menjatuhkan denda sebesar Rp50 juta subsider dua bulan kurungan.

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum. JPU menuntut Sulthoni dengan hukuman dua tahun penjara dan denda Rp50 juta, subsider 2 bulan kurungan.

Dalam perkara ini, Sulthoni terbukti secara sengaja mengubah putusan hukuman atas terdakwa kasus narkoba Sugianto pada 2007, dari 10 tahun penjara menjadi tiga tahun. Kasus ini terungkap karena pada 2010, Sugianto yang dijatuhi hukuman 10 tahun penjara sudah bebas berkeliaran.

Kemudian Sugianto memperlihatkan putusan pengadilan yang menghukumnya dengan 3 tahun penjara. Setelah ditelusuri, Sugianto ternyata bermain dengan Sulthoni untuk memalsukan putusan tersebut dengan imbalan Rp20 juta.

Terhadap putusan ini, Sultoni menyatakan pikir-pikir. “Saya pikir-pikir dulu Yang Mulia.”

jotz/boy/jpnn