Ini Perempuan Arab Saudi Pertama yang Taklukkan Puncak Everest

Raha Moharrak. (Foto: alarabiya)
Raha Moharrak. (Foto: alarabiya)

Katmandu, FK – Raha Moharrak, seorang perempuan pendaki gunung dari Arab Saudi, menjadi perempuan pertama yang berhasil menaklukkan Gunung Everest.

Moharrak dikabarkan mencapai puncak gunung tersebut pada Sabtu (18/5) pagi waktu setempat, setelah sepanjang malam mendaki dari kamp tertinggi di South Col, celah antara Everest dan gunung sebelahnya.

Seorang petugas dari Nepal’s Mountaineering Department, Tilak Padney, menuturkan bahwa terdapat 35 orang asing dengan didampingi 29 pemandu dari Nepal telah mencapai puncak 29.035 kaki.

Sementara itu, Moharrak berharap pencapaiannya itu bisa mendorong kaum hawa lain di Saudi untuk mencapai hal-hal baru. “Saya benar-benar tidak mempedulikan predikat pertama. Selama hal ini memberikan inspirasi kepada orang lain untuk menjadi orang kedua,” tandas Moharrak, yang juga tercatat sebagai orang Arab termuda pertama yang berhasil mencapai puncak Everest, sebagaimana dikutip BBC.

Dalam mewujudkan tujuannya itu, Moharrak berhadap dengan segala macam rintangan, mengingat dia berasal dari negara Muslim konservatif. Keluarganya pun awalnya menentang keinginan Moharrak itu, namun perempuan berusia 25 tahun itu mampu meyakinkan keluarganya, dan pada akhirnya dia mendapatkan dukungan penuh dari keluarga. -blc-