Helikopter TNI AD Bantu Pendistribusian Naskah UN

Illustrasi Helikopter TNI AD. (google/)
Illustrasi Helikopter TNI AD. (google/)

Timika, FK – Helikopter penerbangan TNI AD (Penerbad) milik Kodam XVII/Cenderawasih dioperasikan untuk membantu pendistribusian naskah Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar di Kampung Hoeya, Distrik Jila, Mimika, Papua.

Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Mimika Fitria Vivie Palenewen di Timika, Sabtu (4/5) mengakui jajarannya kesulitan transportasi untuk distibusi naskah UN SD di Kampung Hoeya yang terletak di wilayah pegunungan itu. Satu-satunya akses transportasi untuk menjangkau Kampung Hoeya hanya menggunakan helikopter lantaran belum tersedianya lapangan terbang untuk yang bisa didarati pesawat terbang perintis berukuran kecil. Seperti dilansir Antara.

“Kemarin kami mengalami kendala untuk distribusi naskah UN ke Hoeya. Kami minta bantuan helikopter Airfast, namun mereka tidak bisa terbang ke sana dengan alasan keamanan. Beruntung helikopter Penerbad bersedia membantu mendistribusikan naskah UN SD Hoeya pada hari Minggu (5/5) atau paling lambat hari Senin (6/5),” jelas Fitria.

Menurut dia, distribusi naskah UN SD ke wilayah pedalaman dan pesisir Mimika telah dilakukan sejak Rabu (1/5). Distribusi naskah UN SD di sekolah-sekolah wilayah pesisir Mimika menggunakan sarana transportasi perahu motor.

Sementara beberapa sekolah di wilayah pegunungan yang tidak bisa dijangkau dengan sarana transportasi darat, menggunakan pesawat terbang perintis seperti di Jila, Bela dan Alama. Khusus untuk Kampung Aroanop dan Tsinga yang berada dalam area PT Freeport Indonesia dilayani dengan helikopter Airfast.

Adapun distribusi naskah UN SD sekolah-sekolah di Timika dan sekitarnya akan dilakukan pada Minggu (5/5).

Fitria mengatakan UN tingkat SD di Mimika tahun ini akan diikuti oleh 3.466 siswa yang tersebar pada 98 sekolah penyelenggara dan terbagi atas 38 sub rayon.

Pelaksanaan UN tingkat SD di Mimika akan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika, Abdul Muis bertempat di SD YPPK Mapar, Distrik Mimika Barat Tengah dan akan dihadiri oleh jajaran Muspida serta Komisi C DPRD Mimika.

Fitria mengatakan seluruh sekolah penyelenggara UN SD di Mimika sudah siap.

“Pekan lalu kami kumpulkan semua kepala sekolah untuk mengecek kesiapan mereka. Saat ini semua guru, kepala sekolah dan siswa sudah siap di tempat mereka masing-masing,” katanya sembari berharap agar pelaksanaan UN SD di Mimika bisa berlangsung lancar tanpa hambatan.

Fitria bersama jajaran Dispendasbud Mimika akan memonitoring pelaksanaan UN SD di sekolah-sekolah pesisir Mimika setelah pembukaan di SD YPPK Mapar, mulai dari Kapiraya, Kokonao, Timika Pantai hingga ke Atuka.

Arf

You might also like