Hasil Investigasi UN Diumumkan Hari Senin

Muhammad Nuh.
Muhammad Nuh.

Madiun, FK –  Hasil investigasi Ujian Nasional (UN) 2013 yang berasal dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diumumkan pada Senin (14/5), kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

“Hasil investigasi ujian nasional mudah-mudahan Senin besok akan kami sampaikan ke publik,” ujarnya seusai peresmian Politeknik Negeri Madiun di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut dia, ada tiga hal yang disoroti dalam investigasi tersebut, yakni lelang pengadaan, pelaksanaan dan percetakan.

“Tapi, dari ketiganya yang hasilnya sudah siap kita sampaikan ke publik adalah wilayah pelaksanaan, karena wilayah pengadaan masih perlu waktu untuk mempertajam kenapa dan lain sebagainya,” kata Nuh.

Meski pekan depan belum semuanya dapat dipublikasikan, Nuh menegaskan, jika hasil investigasi UN secara keseluruhan akan segera diumumkan.

“Secara umum, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai semuanya,” ujar Nuh.

Ia menambahkan, jika nantinya dari hasil investigasi diketahui ada yang lalai, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan.

“Sanksi akan diberikan mulai dari yang ringan, yaitu berupa peringatan, tertulis, sampai sanksi pemberhentian,” demikian M. Nuh.

UN 2013 untuk tingkat SMA sederajat banyak menuai kritik akibat penyelenggaraannya yang tidak serempak di sejumlah daerah. Terdapat 11 provinsi dari 33 provinsi di Tanah Air yang pelaksanaan ujian nasionalnya mundur akibat keterlambatan naskah soal ujian.

 

ant/dhn