Dua Anak Buah Mentan Suswono Diperiksa KPK

Menteri Pertanian Suswono. (foto: kompas)
Menteri Pertanian Suswono. (foto: kompas)

Jakarta, FK – Dua orang anak buah Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, Baran Wirawan (Sekmentan) dan Syukur Iwantoro (Dirjen Peternakan & kesehatan hewan kementan) siang ini kembali menjalani pemeriksaan di KPK.

Keduanya diperiksa untuk tersangka Ahmad Fathanah dalam kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementan RI. Mereka datang bersama-sama ke Gedung KPK. Baran mengenakan batik bercorak ungu, sementara Syukur memakai batik berwarna biru.

Namun Syukur hanya diperiksa sebentar oleh penyidik. Syukur keluar terlebih dahulu dibanding Baran. “Saya diundang untuk dimintai keterangan tentang Maria Elizabeth Liman (Dirut Indoguna Utama),” ujarnya.

Berdasarkan surat dakwaan Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi, Syukur Iwantoro menolak permohonan PT Indoguna dalam pengajuan penambahan kuota impor daging sapi. Alasanya, pengajuan penambahan kuota tidak sesuai dengan peraturan menteri.

Atas hal itu, Luthfi Hasan Ishaaq membantu pengurusan kuota impor Indoguna Utama ke Mentan Suswono. Luthfi menggunakan pengaruhnya sebagai anggota DPR dan Presiden PKS.

Luthfi meminta Maria (Dirut Indoguna Utama) untuk membuat proposal lebih lengkap terkait data-data daging di Indonesia. Proposal itu kemudian diajukan kembali ke Kementan.

Luthfi juga mendesak Mentan melalui Sekretaris Mentan Baran Wirawan. Luthfi meminta Baran untuk menemuinya di kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta.

Berikutnya Luthfi meminta kepada Baran untuk menyampaikan pesan ke Suswono untuk peka terhadap isu peredaran daging di Indonesia.

 

mdk/dhn

You might also like