Android 4.3 Perdana di Nexus 4?

Nexus 4, Android 4.3 Jelly Bean.
Nexus 4, Android 4.3 Jelly Bean.

FK –  Google memang tidak merilis smartphone Nexus baru pada konferensi Google I/O 2013. Namun, versi lain dari Nexus 4, seri Nexus teranyar, dikabarkan sempat terlihat “mondar-mandir” di ajang ini.


Nexus 4 versi baru ini tidak hadir dengan perubahan desain dan juga spesifikasi. Hanya ada satu hal yang menjadi pembeda antara Nexus 4 itu dengan seri yang selama ini beredar, yaitu warna yang membalut casing-nya.

Ia hadir dengan warna putih, sedangkan Nexus 4 versi lama hanya hadir dengan pilihan warna hitam.

Dikutip dari Android and Me, Senin (20/5/2013), Nexus 4 “bule” alias berwarna putih ini dikabarkan akan mulai dijual mulai 10 Juni 2013 dan mungkin akan “ditemani” oleh “robot hijau” versi terbaru, Android 4.3.

Jika berita ini benar, Nexus 4 warna putih mendapat kehormatan menjadi ponsel pertama yang menggunakan Android 4.3.

Google sendiri diharapkan akan mengumumkan Android 4.3 di ajang Google I/O. Sayangnya, tidak ada informasi sedikit pun tentangnya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa sistem operasi ini hanya menghadirkan update yang bersifat minor. Artinya, ini bukanlah update besar-besaran, seperti dari Android 3.0 Honeycomb ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Bocoran lain menyebutkan, Android 4.3 akan mendukung Bluetooth Low Energy (BLE), grafis OpenGL untuk Embedded Systems 3.0, dan sinkronisasi data aplikasi.

Nama kode dari Android 4.3 masih belum dibeberkan. Namun, ada indikasi yang menyatakan, sistem operasi tersebut akan tetap menggunakan nama kode Jelly Bean.

Nexus 4 adalah smartphone seri Nexus teranyar dari Google yang lahir melalui kerjasama dengan LG.

Dari segi fisiknya, smartphone ini menggunakan desain dari smartphone LG Optimus G. Nexus 4 dipersenjatai layar berukuran 4,7 inci WXGA True HD IPS Plus dengan resolusi 1280 x 768.

Sebagai dapur pacunya, Nexus 4 menggunakan prosesor Snapdragon S4 1,5GHz quad-core dan RAM 2GB. Nexus 4 juga dilengkapi dengan kamera belakang 8 megapixel, kamera depan 1,3 megapixel, dan baterai 2,100mAh.

 

kmp/dhn