Agen: Chevron Jangan Peralat Buruh Soal Bioremediasi

 

Buruh PT Chevron Pacific Indonesia di Duri (kabarduri.com)
Buruh PT Chevron Pacific Indonesia di Duri (kabarduri.com)

Duri, FK — Terkait penggalangan tanda tangan seluruh karyawan dan sub kontraktor PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) terkait kasus bioremediasi. Banyak pihak menyayangkan hal itu. Jika sebelumnya  pensiunan Chevron yang bicara, kini giliran aktivis buruh di Duri, Agen Simbolon.

Menurut Agen, PT CPI berusaha memperalat buruh atas perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek bioremediasi. Padahal menurutnya, belum tentu seluruh karyawan mudeng soal bioremediasi itu.

“Penggalangan tanda tangan yang dilakukan Chevron itu salah satu upaya untuk memperalat buruh di sana. Mereka diperalat untuk ikut-ikutan sok tahu soal bioremediasi itu supaya peradilan gagal memutuskan dua terdakwa kasus itu,” kata Agen pada katakabar.com, Rabu (8/5).

“Selain itu, penggalangan tanda tangan ini juga upaya Chevron memperbaiki citranya yang memang sudah bobrok. Mereka berusaha mempengaruhi masyarakat supaya masyarakat beranggapan kasus bioremediasi ini bentuk rekayasa penegak hukum,” katanya.

Dijelaskan Agen, jika pemerintah dan penegak hukum tak serius dan tak bernyali menindak kasus ini, Chevron bakal merajalela merusak dan merugikan negara.

“Soal perkara bioremediasi, jangan sesekali berusaha mencuci otak para buruh dengan kebohongan. Biar hukum berjalan sesuai alurnya dan jangan pengaruhi buruh untuk menghambat proses hukut tadi,” katanya.

Alasan itulah Agen menghimbau kepada seluruh buruh dan sub kontraktor CPI supaya berhati-hati memberikan tanda tangan untuk mendukung kasus itu. Menurutnya, tanda tangan itu bakal dimanfaatkan CPI untuk mempengaruhi proses hukum yang sudah berjalan.

“Logikanya saja, kasus itu kan tak ada kaitannya dengan hubungan industrial. Kok mereka dilibatkan. Ini perlu dipertanyakan. Sebaiknya, para buruh dan bisnis partner CPI lebih berkonsentrasi soal permasalahan industrial saja. Bukannya mereka sering dizolimi soal hak?” tandas Agen.

katakabar/shadan/jotz