Tenggorokan Ditembak, Dzhokar Terancam Tak Bisa Bicara

Dzhokar Tsarnaev Ditangkap (abcnews.com)
Dzhokar Tsarnaev Ditangkap (abcnews.com)

 

Boston, FK — Luka tembakan di leher saat penggerebekan di Watertown, Boston kemarin, membuat pelaku pengeboman Boston Dzhokar Tsarnaev (19) terancam tidak bisa berbicara selamanya.

Seorang pejabat federal, Sabtu kemrin yang mengatakan kepada CNN, hal ini mungkin menghalangi upaya oleh otoritas untuk mengorek motif serangan itu. Karena satu terduga tewas, pihak berwenang kini hanya mengandalkan keterangan Dzhokar.

Selain mengalami luka di tenggorokan, ia juga kehabisan banyak darah.

Dzhokar Tsarnaev, ditangkap kemarin saat bersembunyi dalam sebuah perahu di belakang sebuah rumah di pinggiran Boston.

Polisi menjaga secara ketat Beth Israel Deaconess Medical Center, di mana ia dalam kondisi serius dan sedang dirawat karena luka.

Dzhokar dan kakaknya, Tamerlan Tsarnaev, dituduh memasang dua bom di dekat garis finish lomba lari Boston Marathon, Senin (15/4) lalu yang menewaskan tiga orang dan menyebabkan lebih dari 170 orang terluka.

Seorang pejabat Departemen Kehakiman, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada CNN remaja itu akan menghadapi tuduhan ganda, yaitu terorisme federal dan pembunuhan.

Sejauh ini, bukti menunjukkan bahwa dua bersaudara bertindak sendirian dalam pemboman, kata Kepala Kepolisian Watertown, Edward Deveau. “Dari apa yang saya tahu, mereka berdua bertindak sendiri,” kata Deveau. “Tapi saya pikir kita harus selalu waspada, dan kami belajar sambil jalan.”

Motif pemboman masih menjadi pertanyaan banyak orang, tak terkecuali Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

“Mengapa orang-orang muda yang tumbuh dan belajar di sini sebagai bagian dari masyarakat kita dan negara kita melakukan kekerasan seperti itu? Bagaimana mereka merencanakan dan melakukan serangan ini? Dan apakah mereka menerima bantuan? Keluarga korban yang tewas membutuhkan jawaban,” kata Obama dalam sebuah pidato yang disiarkan melalui televisi, mengomentari penangkapan Dzhokar.

ach/licom/rmnews