Kapolda Jabar Dicopot Karena Lindungi Susno Duadji?

Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya dan Susno Duadji. (foto: inilah)
Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya dan Susno Duadji. (foto: inilah)

Bandung, FK –  Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel menepis isu pergantian Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya. Isu itu santer ketika Kapolda dianggap melindungi Susno Duadji dari eksekusi yang akan dilakukan Kejaksaan.

“Wah jangan spekulasi. Apalagi suudzon mengarah ke fitnah, itu kan dosa,” ucap Rycko di Gedung Sate Bandung, Jumat (26/4).

Langkah Kapolda saat Kejaksaan hendak mengeksekusi menurut Rycko hanyalah sebatas memberi fasilitas. Tidak ada maksud untuk melindungi apalagi menghalang-halangi proses eksekusi.

“Kita punya penjelasan. Kemarin Kapolda itu dimintai bantuan. Dimintai fasilitator atas kedua belah pihak. Sebenarnya Kapolda sudah menolak untuk berunding. Tapi kedua belah pihak maunya di Polda. Akhirnya kita fasilitasi,” ujarnya.

Disinggung soal pertemuan Kapolda Jabar dan Propam Mabes Polri kemarin, kata dia, bahwa Mabes Polri hanya sebatas menanyakan kronologi eksekusi Susno di Resort Dago Pakar, Kabupaten Bandung, dan proses perundingan di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

“Kemarin (Propam Mabes Polri) menanyakan kronologis sejak dari lokasi di Dago sampai ke Polda. Sampai dengan proses perundingan antara pihak eksekutor dengan pihak pengacara,” tandasnya.

 

mdk/dhn

You might also like