Gempa Hebat Guncang Iran, Puluhan Orang Tewas

Gempa Iran.
Gempa Iran.

Moskow, FK –  Setidaknya 40 orang tewas setelah gempa kuat melanda tenggara Iran, kata laporan Press TV. Gempa bumi, yang diperkirakan berkekuatan 7,5 pada skala Richter melanda Provinsi Sistan Baluchistan dan dekat dengan perbatasan Pakistan pada pukul 15.44 waktu setempat.

Pusat Seismologi Iran (IRSC) mengatakan pusat gempa, yang terjadi pada kedalaman 18 kilometer (11 mil), adalah terletak 95 kilometer (57 mil) di utara kota Saravan, kata kantor berita IRNA. Gelombang kejut dirasakan di negara-negara tetangga dan sampai sejauh ibu kota India New Delhi. Getaran juga dirasakan di negara-negara pesisir Teluk Persia, Bahrain, Kuwait, Oman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Menurut Press TV, sedikitnya sembilan orang tewas dan 100 lainnya terluka di Provinsi Baluchistan, Pakistan, yang berbatasan dengan Iran. Para pejabat dan sumber-sumber lokal mengatakan kepada Press TV bahwa sejumlah rumah hancur akibat gempa di Kabupaten Panjgur dekat perbatasan Iran pada Selasa, menewaskan lima orang termasuk dua wanita.

Tim bantuan telah dikirim ke daerah tersebut, kata Mahmoud Mozafar, kepala Operasi Pertolongan dan Penyelamatan pada Masyarakat Bulan Sabut Merah Iran kepada IRNA pada Selasa. Gempa bumi adalah sering terjadi di Iran, karena konvergensi empat lempeng tektonik utama di kawasan itu, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

 

ant/dhn