Terjebak Lumpur, 20 ‘Crosser’ Berhasil Dievakuasi

Ilustrasi Crosser
Ilustrasi Crosser

Samarinda, FK –  Sebanyak 20 crosser yang pada Sabtu terjebak lumpur Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Minggu (17/2) sore, berhasil ditemukan dan dievakuasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Timur, Wahyu Widhi Heranata, menyatakan mereka ditemukan di satu lokasi tahura pada pukul 17.00 Wita. Mereka semua telah dievakuasi ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

“Kondisi mereka memang lemah dan keletihan sehingga sebagian harus mendapat perawatan. Sepeda motor mereka masih di lokasi dan kemungkinan besok (Senin) baru bisa dievakuasi,” kata Wahyu Widhi Heranata.

Menurut keterangan, “crosser” yang berhasil diselamatkan lanjut Wahyu Widhi Heranata, kendaraan mereka terjebak dalam sebuah kubangan berlumpur sehingga terpaksa meninggalkan motor untuk menyelamatkan diri.

“Hujan menyebabkan jalan berlumpur sehingga motor mereka terjebak di sebuah kubangan. Karena menyangkut nyawa mereka terpaksa berjalan kaki meninggalkan kendaraannya untuk mencari pertolongan,” katanya.

Persediaan makanan minim dan air minum yang tidak ada sehingga mereka kelaparan dan mengalami dehidrasi.

Dari 700 peserta Balikpapan 2 Days Enduro yang mengambil start di halaman Dome, Gedung Pertemuan dan Olahraga di Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan, Sabtu (16/2) itu kata Wahyu Widhi Heranata, sebanyak 175 “crosser” melewati trek dari Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ke kilometer 62 kemudian ketahura.

“Dari 700 peserta hanya 175 peserta yang melewati trek itu dan saat ini semuanya sudah berhasil dievakuasi sementara satu ‘crosser’ asal Australia (Headley Michael Adrian) meninggal akibat mengalami dehidrasi,” kata Wahyu Widhi Heranata.

 

ant/dhn

Comments are closed.