Protes Bang Yos ke Jokowi Soal Kopaja Masuk Jalur Busway

Kopaja masuk jalur Busway TransJakarta. (foto: kaskus)
Kopaja. (foto: kaskus)

Jakarta, FK –  Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso tidak sependapat terkait rencana Joko Widodo (Jokowi), menyinergikan transportasi Kopaja dengan TransJakarta. Menurutnya, TransJakarta harus memiliki jalur sendiri tidak boleh digunakan untuk transportasi umum lain.

“Saya bingung apa alasannya Pemprov DKI mau menerapkan kebijakan memasukkan Kopaja ke jalur busway. Dari segala hal, banyak sekali perbedaannya,” kata pria yang akrab disapa Bang Yos itu di acara ‘Refleksi dan Temu Kangen Bersama Para Peletak Dasar TransJakarta Busway di Jakarta’ yang diadakan INSTRAN, Jakarta, Selasa (15/1).

Menurutnya, rencana Jokowi itu justru akan memperburuk citra TransJakarta yang sudah terbangun baik. Bahkan, bisa menjadikan TransJakarta tidak lagi menjadi transportasi primadona warga Jakarta.

Sutiyoso menambahkan, dengan halte yang berbeda antara ukuran pintu masuk TransJakarta dan Kopaja, maka akan memicu kesemrawutan saat penumpang turun. Artinya, kebijakan ini selain membuat jalur TransJakarta tidak steril, juga membahayakan keselamatan pengguna jasa transportasi.

“Makanya, saya tidak bisa membayangkan itu. Kalau kita terapkan kebijakan tersebut, nanti tidak ada lagi jalur busway yang steril,” jelas Sutiyoso.

mdk

Comments are closed.