PKS Siapkan Pengacara Dampingi Luthfi di KPK

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  Luthfi Hasan Ishaaq (kiri) tiba di  KPK, Jakarta, Kamis (31/1) dini hari. (foto: antara)
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq (kiri) tiba di KPK, Jakarta, Kamis (31/1) dini hari. (foto: antara)

Jakarta, FK –  Pasca penjemputan, Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq hingga saat ini masih berada di Gedung KPK. Luthfi hingga kini masih diperiksa oleh penyidik KPK.

Pemeriksaan Luthfi sedari malam baru hanya acc surat kuasa dan proses administrasi. Hal itu seperti yang dikatakan salah seorang pengacaranya Zainuddin Paru.

“Hanya acc surat kuasa dan proses administrasi,” ujarnya dini hari tadi, Rabu (31/1).

Menurut Zainuddin, kliennya itu baru akan menjalani pemeriksaan pada pukul 09.00 WIB. Zainuddin mengatakan PKS sudah menyiapkan tim advokasi untuk Luthfi. “Kami ada 3 orang. Saya sendiri Zainudin Paru dan rekan saya Fauzan Muslim, kemudian Agus Pranoto. Sementara tiga orang. Besok (hari ini) sudah ada beberapa pengacara senior yang siap mendampingi,” ujarnya.

KPK menetapkan empat tersangka terkait kasus dugaan suap impor daging sapi. Mereka adalah Direktur PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi, Juard Effendi, asisten pribadi Luthfie Hassan, Ahmad Fathanah, dan Presiden PKS, Luthfie Hassan Ishaq.

Arya dan Juard sebagai pemberi suap diduga melanggar pasal 5 ayat 1 atau pasal 13 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Sementara Ahmad dan Luthfie diduga melanggar pasal 12 a atau b, atau pasal 5 ayat 1 dan 2, atau pasal 11 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

ant/dhn

Comments are closed.