Pekan Ini Jokowi Akan Bahas Proyek MRT dengan Hatta

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. foto: FK/Arief Manurung
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. foto: FK/Arief Manurung

Jakarta, FK –  Mulai pekan ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan kembali membahas mengenai kelanjutan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Jokowi pernah menargetkan, pertengahan bulan ini ia akan segera memutuskan proyek MRT.
“Kira-kira minggu-minggu ini atau minggu depan. Kalkulasinya saya rangkum dulu. Biar nanti semua orang bisa ngeliat, ooo, berarti subsidi harus dikeluarkan dari APBD nantinya sekian. Ooo, tiket yang harus dibayar sekian, ooo, kita harus nyicil setiap tahun sekian supaya jelas semuanya,” kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin (7/1).

Untuk itu, dalam waktu dekat ia ingin bertemu dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk membahas besaran pengembalian utang kepada Japan International Cooperation Agency (JICA). Kapan waktunya? “Saya pengennya sekarang,” kata Jokowi.

Jokowi yakin, proyek MRT dan monorail akan berjalan tahun ini. “Monorail dalam anggaran mana coba saya tanya? Enggak ada di APBD. Jangan selalu APBD terus. Kalau ada peluang diinvestasi, investasi saja supaya enggak membebani. Jadi jangan selalu kok di APBD gak? Itu investor berarti,” jelas Jokowi.

Sementara besaran pembagian, Jokowi mengusulkan, pengembalian utang kepada JICA skemanya 60 persen pemerintah pusat dan 40 persen Pemda DKI. “Dengan kalkulasi ini ini ini. Tapi nanti kalau turun menjadi 59:41 ya enggak apa-apa,” ujar Jokowi.

Lalu di mana Hatta sekarang? Menko Perekonomian Hatta saat ini sedang mengikuti rapat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor, Jawa Barat.

mdk

You might also like

Comments are closed.