Mahfud MD Harapkan Sosok Presiden Seperti Gus Dur

Mahfud MD dalam acara Mengenang Dua Tahun Gus Dur di kediamannya di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Senin (2/1/2011) lalu, (foto: tribun)
Mahfud MD dalam acara Mengenang Dua Tahun Gus Dur di kediamannya di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Senin (2/1/2011) lalu, (foto: tribun)

Jakarta, FK –  Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengharapkan adanya sosok presiden seperti Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur.

“Mudah-mudahan nanti ada presiden yang seperti Gus Dur,” katanya pada peringatan Haul  ke-3 Gus Dur bertajuk “Fakta Lengsernya Gus Dur” di Jakarta, Jumat malam.

Mahfud juga menilai sosok calon presiden untuk pemilu 2014 setidaknya memiliki karakter mirip dengan tokoh Nahdatul Ulama tersebut.

“Beliau itu tegas, egaliter, jujur dan tidak mau memanfaatkan posisi untuk mengambil keuntungan pribadi,” katanya.

Dia juga mengatakan banyak tokoh yang memiliki sifat dan menerapkan prinsip seperti Gus Dur, namun ia enggan menyebutkannya.

“Selain itu, sosok presiden juga harus mencerminkan keberanian, kejujuran dan memiliki kemampuan atau kapabilitas,” katanya.

Namun, ketika ditanya mengenai dirinya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2014, Mahfud enggan berkomentar.

“Saya punya keberanian dan kejujuran untuk tidak menjawab pertanyaan itu,” katanya.

Dalam kesempatan sama, anak perempuan  pertama Gus Dur Alissa Wahid juga menjelaskan karakter ayahnya yang banyak dinilai kontroversial.

“Ada sisi mistis dalam diri Gus Dur. Beliau tidak punya idealisme khusus.”

ant

Comments are closed.