Karangasem ‘Pengen’ Bangun Stadion Sepakbola

Ilustrasi rencana pembangunan stadion di Karangasem, Bali. (Foto: skyscrapercity)
Ilustrasi rencana pembangunan stadion di Karangasem, Bali. (Foto: skyscrapercity)

Amlapura, FK – Pemerintah Kabupaten Karangasem membutuhkan kucuran dana dari pemerintah pusat senilai Rp35 miliar untuk membangun stadion sepakbola yang dilengkapi lintasan atletik guna menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2015.

“Kami berharap pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dapat memenuhi kebutuhan dana untuk pembangunan sarana fisik stadion yang mencapai Rp35 miliar,” kata Bupati Karangasem I Wayan Geredeg di sela-sela mendampingi kunjungan tiga menteri di Amlapura, Minggu (6/1).

Pihaknya ingin pembangunan stadion itu segera terwujud pada tahun ini sehingga dapat segera dirampungkan dan digunakan pada 2014.

Saat ini telah tersedia lahan seluas delapan hektare dan pembangunan “streping” melalui dana investasi swadaya senilai Rp3 triliun. Semua lahan tersebut telah siap digunakan untuk pembangunan stadion. “Pembangunan stadion itu cukup mendesak karena saat ini baru tersedia sarana olahraga berupa kolam renang dan panjat tebing,” ujarnya.

Menurut Geredeg, pembangunan sarana olahraga tersebut adalah bagian dari upaya untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi wilayah kabupaten paling timur Pulau Dewata itu.

Keberadaan stadion itu juga untuk mendukung ambisi Pemerintah Provinsi Bali menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2020.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karangasem, I Gede Ariyasa, mengatakan, untuk tahap awal pembangunan telah dianggarkan dana Rp4,5 miliar.

Dana yang diambilkan dari APBD Kabupaten Karangasem Tahun 2012 itu digunakan untuk pemerataan permukaan tanah dan sarana penunjang lainnya. –ant-

Comments are closed.