Jokowi: Berpuluh Tahun Seperti Ini, Harus ada Terobosan!

Sejumlah kendaraan terjebak banjir yang melanda kawasan Jl. Sudirman, Jakarta, Kamis (17/1). (foto: antara)
Sejumlah kendaraan terjebak banjir yang melanda kawasan Jl. Sudirman, Jakarta, Kamis (17/1). (foto: antara)

Jakarta, FK –  Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, cara mengatasi banjir Jakarta tidak bisa parsial. Harus ada terobosan besar.

“Ke depannya jangan lalai lagi. Harus ada action yang real, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang-ulang,” ujar Jokowi saat meninjau banjir di Bundaran HI, Kamis (17/1).

Menurut dia, berpuluh-puluh tahun tidak pernah dibuat solusi banjir. Kita juga harus tidak hanya mengerjakan hal-hal yang rutinitas. Tetapi harus ada sebuah langkah terobosan. Apapun itu, entah membuat waduk sebesar-besarnya, entah deep tunnel. Harus ada terobosan,” kata Jokowi.

Menurut dia, situasi di lapangan membutuhkan aksi segera. Misalnya tanggul yang jebol. Begitu juga banjir di Ciliwung. “Setelah musim hujan ini reda. Harus ada langkah kongkrit segera. Harus ada terobosan. Tidak bisa monoton rutinitas. Konvensional tetap, tetapi harus ada terobosan,” tegas Jokowi.

Mengenai renana jangka pendek, Jokowi menegaskan tahun ini akan ada normalisasi tiga sungai. Bahkan kalau bisa, semua sungai di Jakarta segera dinormalisasi.

mdk

Comments are closed.