Besok Jokowi Akan Menggelar Dengar Pendapat 6 Ruas Jalan Tol

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. FOTO: FK/Arief Manurung
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. (foto: forumkeadilan/Arief Manurung)

Jakarta, FK – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar dengar pendapat tentang pembangunan enam ruas jalan tol bersama seluruh elemen masyarakat, besok. Hal ini guna meminta saran kelayakan untuk membangun enam ruas tol dalam kota.

“Enam ruas jalan tol gitu kok. Semua, ada masyarakat, ada pakar, pengamat, semuanya,” ujar Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin (14/1).

Jokowi juga akan mengundang pihak pemerintah pusat, namun tidak menyebutkan siapa yang akan diundang. “Dari pemerintah pusat iya dong, saya ingin semua itu kumpul,” katanya.

Sementara itu, untuk Mass Rapid Transit dan Monorail akan digabungkan. Perihal hari, Jokowi masih bingung akan dilakukan hari Rabu atau Kamis.

“MRT mungkin sama monorail mungkin Rabu atau Kamis. Ya dibarengin,” tandasnya.

Sebelumnya, suara penolakan pembangunan proyek enam ruas jalan tol makin gencar terdengar. Kali ini, datang dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan Jakarta.

Anggota DPD Jakarta Dani Anwar menilai sebaiknya pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo fokus mengembangkan transportasi massal. “Kita berempat sepakat menolak pembangunan 6 ruas jalan tol itu,” ujar Dani usai bertemu dengan Jokowi di Balai Kota Jakarta, Senin (14/1).

Dia menambahkan, saat ini yang dibutuhkan Jakarta untuk mengurai kemacetan adalah mengoptimalkan transportasi angkutan massal. Dan proyek itu justru akan menyumbang kemacetan di Jakarta menjadi lebih besar. “Jalan tol itu kan untuk mobil pribadi jadi tidak sinkron dengan mengembangkan transportasi massal, jadi ngapain bangun 6 ruas jalan tol lagi,” tegasnya.

mdk

You might also like

Comments are closed.