Ahok: Air yang Datang kan Enggak Bisa Dicegah

Seorang pengendara motor berusaha menerobos banjir di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. (foto: antara)
Seorang pengendara motor berusaha menerobos banjir di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. (foto: antara)

Jakarta, FK –  Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tidak berkutik menghadapi banjir yang datang hari ini. Sejak semalam, sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir karena hujan mengguyur wilayah Jabodetabek.

“Masalah hari ini kita pikirkan hari ini. Air yang datang kan enggak bisa dicegah, yang penting kita siapkan dulu bantuan kalau banjir terjadi hari ini,” kata Ahok di Balai Kota di Kantor Balai Kota Jakarta, Selasa (15/1).

Diketahui, beberapa sungai menunjukkan debit air meningkat. Tercatat debit sungai hingga pukul 07.00 WIB masuk Siaga II, seperti:

– Katulampa 200 cm, hujan (siaga II).
– Angke Hulu 210 cm, hujan (siaga II).
– Karet 560 cm, hujan (siaga II).

Dengan kondisi seperti itu, beberapa wilayah hilir Jakarta akan mengalami banjir. Katulampa dalam status siaga II karena ketinggian debit sungai Ciliwung antara 150 – 200 cm. Tinggi muka air ini rekor tertinggi selama musim penghujan 2012/2013. Bahkan berpotensi masuk siaga I atau level tertinggi karena hujan masih turun. Diperkirakan jam 18.00-19.00 WIB banjir akan menggenangi wilayah sekitar Sungai Ciliwung.

mdk

You might also like

Comments are closed.