Video “Gangnam Style” Bukukan Rekor Baru di Youtube

Cuplikan video Gangnam Style. (Foto: billboard)
Cuplikan video Gangnam Style. (Foto: billboard)

Los Angeles, FK – Video musik dari lagu Gangnam Style yang dinyanyikan penyanyirap asal Korea Selatan, Psy, menjadi video pertama yang dilihat sebanyak satu miliar kali di laman jejaring video YouTube.

Lagu yang pertama kali diunggah ke YouTube pada 15 Juli lalu, mencapai rekor satu miliar kali dilihat pada Jumat pukul 15.50 GMT (22.50 WIB) dan YouTube langsung memperingati peristiwa bersejarah itu dengan ikon Psy yang berjoged di sebelah logonya.

Sebelumnya pada bulan lalu, lagu itu telah menjadi video yang terbanyak yang dilihat di YouTube, mengalahkan video Baby Justin Bieber yang sebelumnya memegang rekor tersebut. “Bahkan saya tidak pernah membayangkanGangnam Style akan dilihat satu juta kali, tetapi sekarang satu miliar kali! Apakah ini benar-benar pertunjukkan ala-PSY?” kata penyanyi rap itu dalam pernyataan.

Tahun ini merupakan masa keemasan bagi Psy (34), yang menjadi artis pop Korea (K-pop) pertama yang berhasil meraih sukses di AS setelah Gangnam Style menarik perhatian banyak pihak. Lagu hit itu sendiri diambil dari satu distrik di Seoul.

Penyanyi rap itu baru saja tampil di depan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, bertemu dengan Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki-moon, dan meraih penghargaan video terbaik dalam ajang MTV Europe Music Award pada November lalu. Video yang menampilkan Psy berjoged dengan gaya menunggangi kuda itu telah menjadi tren budaya pop, yang menimbulkan banyak video parodi serta tiruan lainnya.

Popularitas lagu itu juga berhasil menumbuhkan ketertarikan global terhadap musik pop Asia, khususnya industri K-pop, yang kini berambisi untuk mengikuti jejak sukses Psy menuju arena pentas musik pop Barat.

-ant-

You might also like