Presiden Panggil Menpora ke Istana Pagi Ini

Presiden SBY, didampingi Menpora Andi Malaranggeng (sumber foto: presidenri)

Jakarta, FK –  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan memanggil Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng ke Istana Kepresidenan, pagi ini. Ketika dikonfirmasi, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menolak memberikan keterangan.

“Saya belum bisa beri keterangan dulu. Ini kan intern,” ujar Julian ketika dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Jumat (7/12).

Dari informasi yang didapatkan merdeka.com, SBY memanggil Andi sekitar pukul 07.45 WIB. Andi dipanggil untuk menjelaskan perihal dirinya ditetapkan sebagai tersangka dan dicekal bepergian ke luar negeri.

Andi Mallarangeng merupakan menteri aktif pertama yang ditetapkan KPK sebagai tersangka. Status itu diberikan kepada Andi karena dia diduga terlibat dalam kasus pembangunan pengadaan sarana dan prasarana Wisma Hambalang.

Keterangan tersangka itu tercantum dalam surat permohonan cegah tangkal dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Direktorat Jenderal Imigrasi tertanggal 3 Desember 2012. Wakil Ketua KPK Bambang Widjoyanto memperlihatkan surat cekal itu hari ini dalam jumpa pers.

Berikut petikan isi surat cegah Andi dari KPK kepada Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM:

“Diberitahukan kepada saudara saat ini KPK sedang melakukan penyidikan tindak pidana korupsi terkait pembangunan pengadaan sarana dan prasarana olahraga Wisma Hambalang Tahun Anggaran 2010-2012 yang dilakukan tersangka Andi Alfian Mallarangeng selaku Menteri Pemuda dan Olahraga / pengguna anggaran pada Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagaimana dimaksud pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999. Guna kepentingan penyidikan, dimohon bantuannya untuk mencegah bepergian ke luar negeri tiga orang dengan identitas sebagai berikut: Andi Alfian Mallarangeng, Andi Zulkarnaen Mallarangeng, dan Muhammad Arif Taufik.”

mdk/dhn/berbagaisumber