Kementerian LH Bantu Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Sambas

Ilustrasi
Ilustrasi

SAMBAS, FK. Kementerian Lingkungan Hidup (LH) RI melalui Pusat Pengelolaan Ekorigion Kalimantan memberikan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 250 kilowatt (Kw) di Sungai Tengah, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Pemerintah pusat memang telah lama memprogramkan bantuan PLTMH untuk wilayah perbatasan yang belum dialiri listrik, tetapi memiliki sumber pembangkit untuk mikro hidro.  “Dari kapasitas 250 Kw, sekitar 200 kepala keluarga mendapatkan aliran listrik dari PLTMH yang ramah lingkungan,” kata ‎Ir Tuti Hendrawati Mintarsih MPPPPM, Kepala Pusat Pengelolaan Ekorigion Kalimantan, Kamis (20/12) di Sambas.

Dengan adanya program PLTMH, masyarakat dapat menikmati aliran listrik, sekaligus menjaga lingkungan. Karena, masyarakat harus dengan menjaga debit air yang tinggi, sehingga air dapat memutar turbin dengan baik. Bila turbin berputar dengan lancer, maka aliran listrik akan tetap terjaga dan desa mereka tetap benderang.

“Jika air bersih tanpa sampah, maka putaran turbin akan lancar. Artinya masyarakat setempat harus selalu menjaga lingkungan terhadap mesin PLTMH yang ramah lingkungan ini,” jelas Tuti.

Karena itulah Tuti menyerahkan sepenuhnya pemeliharaan dan pengelolaan secara mandiri kepada Pemkab Sambas, dan terkhusus bagi masyarakat Sungai Tengah secara swadaya. “Agar PLTMH yang ada tetap terawat dengan baik,” pungkas Tuti.