Kasus Hambalang dan Century Diharapkan Tuntas 2013

 Hidayat Nur Wahid.
Hidayat Nur Wahid.

Jakarta, FK –  Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menuntaskan kasus korupsi Hambalang dan Century pada 2013.

“Perlu ada upaya untuk mempercepat penyelesaian kasus Hambalang dan Century pada 2013,” kata Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan Refleksi Akhir Tahun 2012 Fraksi PKS DPR di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan 2013 akan menjadi tahun politik menjelang 2014. Segala manuver politik akan mulai dilakukan pada 2013.

Hidayat mengatakan bila kedua kasus itu tidak selesai pada 2013, maka akan ada pihak-pihak yang terbebani dengan adanya kasus itu pada 2014.

Bila kedua kasus itu bisa diselesaikan pada 2013, dia berharap Pemilu 2014 bisa dilakukan dan dijalankan secara terhormat tanpa ada beban kasus-kasus sebelumnya.

“Karena itu, KPK harus bekerja lebih giat karena tentunya ada yang tidak ingin terbebani dengan kasus Hambalang dan Century pada 2014,” tuturnya.

Selain bisa bekerja cepat, Hidayat juga berharap KPK bisa bekerja tanpa ada tekanan politik dari siapa pun.

Apresiasi

Soal pengusutan kasus Hambalang dan Century oleh KPK, Hidayat mengapresiasi upaya yang dilakukan lembaga antikorupsi tersebut.

Namun, hasil dari perkembangan itu belum sebanding dengan gegap gempita dukungan dan pembelaan masyarakat terhadap KPK, ujarnya.

“PKS, sesuai dengan komitmen semula, akan tetap mendukung upaya-upaya penguatan KPK. Pemberantasan korupsi juga harus memberi keyakinan kepada publik bahwa KPK tidak berada di wilayah yang abu-abu,” katanya.

ant