Irak Tunjuk Shakir Sebagai Pelatih Timnas

Hakeem Shakir. (Foto: abola.pt)
Hakeem Shakir. (Foto: abola.pt)

Baghdad, FK – Asosiasi Sepakbola Irak (IFA), kemarin (30/12) waktu setempat, melansir kabar jika mereka telah mempromosikan Hakeem Shakir sebagai pelatih kepala tim nasional jawara Piala Asia 2007. Sebelumnya, Shakir merupakan pelatih interim setelah pelatih dari Brazil, Zico, mundur akhir November lalu.

Shakir ditunjuk setelah, ia berhasil membawa Timnas Irak U-19 mencapai partai puncak turnamen AFC 2012, dengan menyerah di tangan Korea Selatan. Pelatih berusia 49 tahun itu akan mengawali kerjanya dan bertanggung jawab menangani tim pada Piala Teluk 2013 yang dimulai minggu depan di Bahrain. Selanjutnya, Shakir akan bertanggung jawab penuh atas tim itu pada babak penyisihan Piala Dunia 2014.

Sebagaimana dilansir laman Goal, sebelum Shakir ditunjuk menjadi pelatih kepala, Maradona santer dikaitkan dengan kursi kepelatihan Irak. Pasalnya, mantan bintang penyerang Argentina itu pernah bertemu dengan pihak IFA untuk membicarakan seputar masalah penanganan Timnas Irak. Akan tetapi, kabar tersebut menguap ketika IFA mengumumkan Shakir sebagai pelatih kepala Timnas Irak.

Irak, yang saat ini menempati urutan ke-92 dunia daftar ranking FIFA, sedang memburu tempat ke putaran berikutnya Piala Dunia 2014 di Brazil, setelah berada di urutan ketiga Grup B zona Asia, mengantungi lima poin dari lima pertandingan. Mereka terpaut dengan tim urutan kedua Australia, hanya karena beda selisih gol. Dua tim paling atas lolos ke babak final sedangkan tim urutan ketiga maju ke putaran play-off.

You might also like

Comments are closed.