“Gedungnya Kok Jelek Gini? Sebetulnya Ini Strategis dan Fasilitasnya Wow”

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau mall UKM di kawasan Thamrin City, Jakarta Pusat, Senin (3/12/2012). (sumber foto: kompas)

Jakarta, FK –  Gubernur DKI Jakarta Jokowi tak hanya meninjau perkampungan di Jakarta, namun hingga pusat perbelanjaan seperti mal yang telah mati.

Jokowi menyempatkan berkunjung ke mal UKM di Jalan Kebon Kacang, yang sudah terlihat kumuh dan tidak terawat. Ia pun segera memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM DKI Ratnaningsih, untuk memperbaiki gedung tersebut.

“Ini gedungnya kok jelek gini? Segera diperbaiki ya. Sebetulnya ini posisinya strategis dan fasilitasnya wow. Enggak ngerti saya bisa begini,” ujar Jokowi, Senin (3/12/2012).

Mantan Wali Kota Solo punya rencana menempatkan pedagang kaki lima (PKL) di mal setinggi enam lantai. Menurutnya, pedagang-pedagang kecil harus diberi ruang untuk berdagang, dan tempatnya berjualan dipromosikan.

“Tadi Dinas UKM sudah bilang sanggup. Saya tinggal kawal saja. Saya sudah 23 tahun mengurusi yang seperti ini. Tinggal masalah niat saja,” tuturnya.

Sementara, Kadis Koperasi dan UKM DKI Ratnaningsih mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan kebutuhan listrik dan penyejuk ruangan untuk mal tersebut. Menurutnya, para PKL yang nantinya dimasukkan ke mal, akan digratiskan uang sewa selama enam bulan, dan hanya membayar retribusi sebesar Rp 5.000-Rp 15 ribu per hari.

tbn

You might also like