Freelancer.com: “Mak Comblang” Pengusaha dan Pencari Pekerja

Freelancer.
Freelancer.

Jakarta, FK – Di tengah maraknya aksi demonstrasi menolak sistem outsourcing yang dilakukan oleh para buruh, sebuah website penyedia layanan outsourcing bernama Freelancer.com diluncurkan. Freelancer.com adalah pasar outsourcing terbesar di dunia. Berbeda dengan sistem outsource yang selama ini dikenal, website ini berperan mempertemukan pemilik proyek dengan tenaga profesional yang mampu menangani proyek tersebut.

“Freelancer adalah e-commerce untuk jasa. Produk ini mirip eBay, tapi khusus untuk layanan, bukan produk,” papar Willix Halim, Vice President of  Growth Freelancer.com, saat menjelaskan panjang-lebar produk andalannya kepada FahmiPramodhana  dari FORUM.

Sejak didirikan tahun 2009, Freelancer.com sudah dimanfaatkan oleh empat juta lebih pengguna di seluruh dunia, di lebih dari 240 negara, daerah dan kawasan. Jumlah transaksi mencapai 595 juta Dolar Amerika, beredar di antara 2,4 juta proyek yang telah dialihdayakan ke tenaga lepas (freelancer) di seluruh dunia.

Di website ini, semua pengunjung bisa menawarkan proyek ataupun mengikuti lelang untuk mendapatkan proyek yang sedang ditawarkan. Khusus pengguna internet di Indonesia, Freelancer.com telah hadir dalam versi bahasa Indonesia sehingga lebih memudahkan dalam hal mengakses dan memanfaatkan situs ‘mak comblang’ pencari dan pemberi kerja ini.  Lebih dari itu, freelancer.com juga menyediakan transaksi dalam mata uang rupiah.

Semangat Freelancer.com adalah membantu para pengusaha kecil dan menengah dalam mewujudkan ide bisnis para penggunanya. “Biasanya entrepreneur punya ide brilian. Ide ini bisa jadi kenyataan dengan memanfaatkan produk kami di skala global,” ujar Halim.

Artinya, tanpa harus memiliki tenaga kerja profesional, pengusaha dapat merealisasikan pengerjaan sebuah proyek bisnis dengan melempar proyek tersebut untuk dikerjakan oleh orang yang kompeten dibidangnya. Terlebih, website ini juga memiliki 400-500 kategori pekerjaan seperti desain grafis, desain website, penulisan artikel, data entry sampai data processing dan internet marketing.

Tertarik berselancar bisnis di dunia maya? Tak ada salahnya melirik layanan e-commerce jasa ini. Selamat mencoba!