Chris John Ingin Kembali Tumbangkan Marquez

Chris John.
Chris John. (Foto: fightnews)

Jakarta, FK – Kemenangan KO di ronde keenam yang ditorehkan Juan Manuel Marquez atas Manny Pacquiao, Minggu (9/12) kemarin, membuat pelatih Chris John, Craig Christian, dan promotor Angelo Hyder ingin kembali mempertemukan super champion kelas bulu WBA, Chris John, dengan Marquez.

Usai duel Marquez-Pacquiao, Craig dan Hyder, yang berada di Australia, langsung menghubungi Chris John tentang kemungkinan untuk kembali bertarung dengan petinju asal Meksiko tersebut. Chris John pun menanggapinya dengan mengatakan, “Kenapa tidak?”

“Saya akan melawan Marquez di kelas manapun, karena itu akan menjadi pertarungan dengan bayaran yang besar,” tandasnya, seperti dikutip Fight News, kemarin (10/12). “Saya sudah berada di kelas bulu selama karir saya, karena saya ingin memecahkan rekor pemegang juara kelas bulu terlama.”

The Dragon pun menegaskan jika tidak keberatan dengan kemungkinan pertarungan tersebut. Dan ia bersedia bertarung dengan Marquez dalam perebutan gelar yang kini disandangnya. “Saya pernah mengalahkan Marquez, dan saya akan menundukkannya lagi, saya ingin bertarung,” kata petinju berusia 33 tahun itu.

Petinju tak terkalahkan dalam 50 pertarungannya itu memang pernah bertarung melawan Marquez pada pertarungan wajib atau “mandatory fight” di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 4 Maret 2006. Pada pertarungan tersebut, Chris John berhasil menang angka atas Marquez (116-110, 117-111, dan 116-112).

Namun, pihak Marquez masih belum bisa menerima hasil pertarungan tersebut. “Jadi kenapa tidak tarung ulang lagi, saya ingin pertarungan tersebut dilangsungkan di (tempat netral) Singapura, supaya tidak ada alasan lagi bagi dia,” tegasnya. “Saya berharap mereka (Craig dan Hyder) bisa membawa Marquez ke Singapura. Marina Bay Sands merupakan tempat yang bagus yang pernah saya singgahi untuk bertinju.”

Ketika ditanya sekarang ini kelasnya berbeda, Chris John di kelas bulu sedangkan Juan Manuel Marquez di kelas welter, dia mengatakan nanti bisa bertanding di kelas yang adil. “Saya tidak masalah jika harus sedikit naik kelas. Yang jelas ada keinginan saya untuk kembali bertarung melawan Marquez di tempat yang netral.”

“Saya seorang petinju yang jauh lebih baik dan saya memiliki kecepatan dan skill yang lebih baik dibanding Marquez,” ungkap pemilik rekor tanding 48 menang (22KO) dan dua klai kalah itu.

Hyder pun mendukung Chris John untuk bertarung dengan Marquez di tempat yang netral seperti di Singapura. “Marquez dan timnya selalu tidak mau menerima hasil keputusan duel tahun 2006, meskipun semua tiga hakim memberikan angkanya untuk Chris. Dan bertemu di tempat netral seperti Singapura bisa membantu membuat duel bakal terlaksana. Kami akan mendekati mereka dan mencoba untuk mendapatkan pertarungan karena ini duel ini masih belum tuntas.” -blc-