2013 Serangan Malware ke Android Semakin Meningkat

Ilustrasi
Ilustrasi

Menurut penelitian firma spesialis sekuritas mobile memperkirakan serangan malware dan virus untuk perangkat handset akan meningkat dan sulit ditaklukkan di tahun 2013 mendatang.

Lookout Mobile Security mengestimasikan bahwa di tahun 2013 nanti akan ada sekitar 18 juta perangkat handset Android yang akan terinfeksi beberapa tipe virus, spyware atau malware baru.

‘Penyakit’ tersebut akan menyerang perangkat handset melalui kebiasaan penggunanya yang mengakses situs dalam kategori berbahaya atau yang secara sembarangan mengunduh dan menginstal aplikasi ke dalamnya.

Memang untuk saat ini, baru 0,40 persen pengguna smartphone dan tablet di Amerika serikat atau 34,7 persen pengguna perangkat sejenis dari rusia pernah mengalami masalah dengan malware. Namun, persentase itu akan bertambah di tahun depan.

Namun, Robert Nelson dari Android Community mengatakan bahwa jumlah tersebut masih tergolong kecil apabila dibandingkan dengan pengguna yang telah benar-benar ‘melek’ akan masalah sekuritas mobile.

Seperti dilansir Red Orbit (16/12), berdasarkan data dari Eset, perusahaan sekuritas untuk PC dan mobile, Lookout menjelaskan bahwa banyak cybercriminal telah memodifikasi atau membuat malware baru yang kuat terhadap antivirus saat ini.

P Mello Jr dari PC World juga menjelaskan bahwa kemungkinan selalu ada mengingat Android adalah salah satu operating system yang paling digemari saat ini. Dengan popularitasnya tersebut membuat pencipta malware terpacu untuk menaklukkannya.

Perusahaan IT dari Slovakia juga memperkirakan bahwa serangan tersebut ditujukan untuk mendapatkan data pribadi dan penting milik pengguna perangkat mobile seperti informasi diri dan credit card.

“Resiko serangan malware dari tahun 2011 yang hanya 43 persen meningkat menjadi 64 persen di tahun 2012,” jelas salah seorang dari perusahaan IT dari Slovakia tersebut.

Oleh karenanya, disarankan untuk selalu memverifikasi URL yang ingin diakses, memberikan update untuk aplikasi dan antivirus di dalam perangkatnya dan tidak sembarang mengunduh atau menginstal aplikasi lain yang tidak diketahui track record pembuatnya.

You might also like