10 Ribu Orang Padati Bandara Pekanbaru

Ratusan penumpang naik ke pesawat,  di apron Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Minggu (23/12). (foto:antara)
Ratusan penumpang naik ke pesawat, di apron Bandara Internasional , Minggu (23/12). (foto:antara)

Riau, FK –  Lebih dari 10 ribu orang penumpang pesawat baik yang datang maupun berangkat dalam beberapa hari terakhir jelang Natal dan Tahun Baru 2013 tampak memadati Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanabru, Riau.

“Lonjakan penumpang paling parah terjadi pada Minggu (23/12) dimana jumlah penumpang mencapai lebih dari 10 ribu orang yang dominannya adalah keberangkatan tujuan berbagai wilayah regional maupun internasional,” kata Delyuzar selaku petugas jaga di Posko Natal dan Tahun Baru Bandara SSK II Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, sebelumnya ditanggal 22 Desember 2012, kepadatan penumpang juga telah terjadi dengan kepadatan mencapai lebih dari 9.500 orang.

Dominannya menurut dia, masih pada penumpang keberangkatan yakni mencapai 4.873 orang dari sebanyak 5.048 seat atau kursi yang tersedia.

Sementara ditanggal yang sama, demikian Delyuzar, untuk penumpang kedatangan yakni mencapai jumlah 4.696 orang dari sebanyak 5.030 seat yang tersedia.

“Jumlah ini jauh meningkat dibandingkan hari-hari biasanya dimana kepadatan penumpang maksimal 7.000 hingga 7.500 orang per hari,” katanya.

Lonjakan penumpang untuk ditanggal 23 Desember 2012, demikian Delyuzar, bahkan terparah sepanjang musim Natal dan Tahun Baru 2013 karena kepadatan penumpang mencapai lebig 10 ribu orang.

“Namun kami prediksikan kepadatan itu akan terulang dihari ini mengingat musim mudik Natal dan Tahun Baru maih terus berlangsung,” katanya.

Pantauan di Bandara SSK II Pekanbaru, ratusan calon penumpang tampak mengantri di masing-masing loket ragam maskapai penerbangan khususnya Lion Air dan Batavia Air yang berada saling berdejatan.

Sementara di pintu masuk juga tampak ratusan calon penumpang tengah menuju ruang tunggu keberangkatan pesawat tujuan Jakarta dan Pekanbaru-Batam.

Kemudian untuk di pintu kedatangan, juga tampak antrian ratusan orang yang baru saja turun dari pesawat dengan rute Jakarta-Pekanbaru dan Medan-Pekanbaru.

Kendati mengalami kepadatan, aktivitas di bandara dengan tekstur minimalis itu kian nyaman. Ragam fasilitas di terminal yang baru saja diresmikan pada Oktober 2012 lalu itu tampak berfungsi sebagaimana mestinya.

ant