Ukraina Inginkan Harry Redknapp

Harry Redknapp
Harry Redknapp. (Foto: live4liverpool)

Kiev, FK – Federasi Sepak Bola Ukraina pada Selasa (20/11) mengatakan, mereka telah mulai bernegosiasi dengan perwakilan dari mantan manajer Tottenham Hotspur Harry Redknapp, untuk membujuk dia mengisi posisi pelatih tim nasional yang sedang lowong.

Ukraina mencari pelatih timnas yang baru setelah manajer sebelumnya Oleg Blokhin hengkang untuk melatih Dynamo Kiev, dan mantan penyerang legendaris Andriy Shevchenko mengatakan dirinya tidak siap untuk pekerjaan itu. “Dewan (federasi sepakbola) mengambil keputusan untuk mulai bernegosiasi dengan para perwakilan Redknapp mengenai (prospek) dirinya bekerja sebagai manajer tim nasional Ukraina,” demikian pernyataan federasi.

Ketua federasi untuk tim nasional Ukraina, Mykhaylo Fomenko, memuji Redknapp sebagai manajer yang akan memiliki otoritas besar dengan para pemain timnas. “Di semua tim yang ditangani Redknapp ia dengan cepat mengembangkan kualitas permainan dan mencapai kemajuan yang diperlukan. Hari ini ia merupakan salah satu pelatih Inggris terbaik,” demikian penuturannya.

Tidak ada komentar dari Redknapp atau perwakilannya perihal pernyataan Ukraina. Redknapp tidak terikat dengan klub apapun sejak meninggalkan Tottenham pada tahun ini menyusul masa-masa sukses yang diawali pada 2008. Ia sempat menjadi kandidat untuk menjadi pelatih Inggris setelah kepergian Fabio Capello, namun pekerjaan itu kemudian jatuh ke tangan Roy Hodgson.

Ukraina menghadapi grup yang berat di kualifikasi Piala Dunia 2014, mereka satu grup dengan Inggris, Polandia, Montenegro, Moldova, dan San Marino. Ukraina bermain imbang 1-1 dengan Inggris pada pertandingan kualifikasi di Wembley pada 11 September, dan kedua tim akan bertemu kembali pada 10 September 2013.

Mereka terdampar di peringkat kelima di grup dengan hanya raihan dua poin dari tiga pertandingan, dan tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen Montenegro dengan satu pertandingan yang belum dimainkan.