Terbukti Korupsi Tujuh PNS Dipecat

Ilustrasi

Jambi, FK – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Arief Munandar, mengatakan tujuh orang PNS di lingkup pemerintah daerah setempat dipecat setelah terbukti melakukan tindak korupsi.

Dikatakan Arief, PNS pertama yang dipecat adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Hendri Sastra. Pemecatan dilakukan langsung oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus sesuai dengan kewenangan Gubernur bagi PNS golongan IV.

Selain Hendri Sastra, Gubernur Jambi juga memecat seorang staf pada Dinas Kehutanan Tanjung Jabung Barat bernama Hutapea.

Ditambahkan Arief, selain dua orang tadi ada lima orang PNS golongan III yang dipecat dari dinasnya, namun pemecatan dilakukan oleh bupati. Mereka masing-masing berinisial H, HZ, T, AS dan TW. 

“Mereka dipecat karena tersandung masalah korupsi dan putusan pengadilan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap,” katanya.

Diterangkan Arief, surat pemecatan dari Gubernur Jambi kepada Hendra Sastra dan Hutapea telah turun beberapa hari lalu, dan surat tersebut telah disampaikan kepada yang bersangkutan.

“Kami sengaja mengajukan surat pemecatan kepada Gubernur Jambi untuk dua orang itu, karena untuk golongan IV yang berwenang melakukan pemecatan adalah gubernur, sementara lima lainnya cukup Bupati saja (yang memecat). Saat ini prosesnya sedang dijalankan,” katanya.

Sesuai dengan PP 53 tahun 2010, PNS dapat dipecat apabila sudah ditetapkan bersalah oleh pengadilan dan putusan itu memiliki kekuatan hukum yang tetap. 
(KR-NF)

ant