Takut Diusut KPK, Foke Kabur ke Jerman?

Foke saat hendak meninggalkan Jakarta menuju Jerman (sumber foto: blogger)

Jakarta, FK – Nama mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hilang seiring dengan kekalahannya dalam putaran kedua Pemilukada DKI Jakarta pada September lalu. Tugas dan kewenangan Foke, sapaan akrabnya, sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta memang sudah lepas, setelah Joko Widodo (Jokowi) berhasil memenangkan Pemilukada DKI.
 
Dimana Foke saat ini? Padahal sisa kepemimpinan Foke masih menimbulkan persoalan, beberapa waktu Indonesia Budget Centre (IBC) melaporkan Foke ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan pidana korupsi penyelewengan dana hibah sebesar Rp66,015 miliar.
 
Direktur IBC Arif Nur Alam, mengaku pihaknya sudah melakukan investigasi mendalam sejak Mei 2012 dan menemukan bukti-bukti berupa audio dan video. Dari investigasi itu, Darwanto beserta jajarannya menemukan Rp17,14 miliar dari dana hibah dan Bansos terindikasi mengalir pada relasi politik saat Foke kembali menyalonkan diri dalam pemilukada DKI lalu. Relasi itu, adalah ormas pendukung, penyumbang dana kampanye, dan tim sukses yang mencapai 21 lembaga atau ormas.
 
Seperti diketahui, usai menghadiri pelantikan Jokowi-Ahok pada Senin, 15 Oktober 2012 lalu, sore harinya Foke langsung terbang ke Berlin, Jerman, tempat dia menuntut ilmu kala itu. Kabarnya, Foke ke Jerman untuk menghadiri sekaligus memberikan kuliah umum di Forum Ibu Kota ASEAN dan Uni Eropa (UE). Benarkah Foke ke Jerman untuk acara tersebut, atau untuk menghindar dari jeratan hukum KPK?
 
Menanggapi hal itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, mengaku sudah lama tak berkomunikasi dengan mantan atasannya itu. “Enggak pernah,” katanya di Jakarta, Sabtu (3/11) malam.
 
Dia mendengar kabar bahwa Foke memang pergi ke Jerman, namun dia tak tahu entah sampai kapan Foke berada di negeri Adolf Hittler itu. “Saya dengar gitu (ke Jerman),” ujar Prijanto.
 
Saat dikonfirmasi apakah benar Foke tengah dibidik oleh KPK, Prijanto hanya tersenyum. Tak hanya Prijanto yang tak pernah berkomunikasi dan bertemu dengan Foke, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo juga mengaku tak pernah lagi berjumpa dengan Foke.
 
“Karena setelah pelantikan saya belum bertemu lagi,” kata Jokowi di Gedung Juang Cikini, Jakarta, Sabtu (3/11) malam.

oz/kmp/dhn/berbagaisumber