Tak Tertib Lalin, 6 Anggota Polisi Ditilang

Razia Ilustrasi

Solo, FK – Tidak hanya masyarakat umum yang melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas. Enam polisi yang bertugas di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Surakarta, bahkan juga kedapatan tidak tertib dalam berlalu lintas, Selasa (27/11), sehingga diberi hukuman tilang.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, enam anggota Satlantas itu ditilang oleh unit Profesi dan Pengamanan (Propam) Polresta Surakarta lantaran kelengkapan kendaraan mereka tidak sesuai dengan aturan. Seperti spion diganti dengan ukuran lebih kecil, dan plat nomor serta kaca lampu yang dipasang tidak sesuai dengan standar.

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Matrius mewakili Kapolresta Surakarta Kombes Pol Asdjima’in, siang tadi, mengungkapkan, hukuman tilang terhadap enam anggotanya tersebut dilakukan sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2012 yang akan dimulai jajarannya hari ini hingga 11 Desember mendatang.

Sebelum menerapkan operasi Zebra ke masyarakat umum, pihaknya menerapkannya terlebih dahulu pada kalangannya.  Hukuman tilang sangat penting diberikan kepada anggotanya yang melanggar tata tertib lalu lintas karena mereka merupakan petugas kepolisian yang seharusnya memberikan contoh baik ke masyarakat dalam mentaati peraturan lalu lintas.

Hukuman tilang, lanjut Kasatlantas, berlaku bagi semua orang, termasuk anggota kepolisian yang melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas. Tidak ada perbedaan. Namun sayang, siapa saja enam anggotanya yang ditilang oleh unit Propam dalam persiapan pelaksanaan operasi Zebra kali ini, Kasatlantas tidak mengungkapkannya lebih jauh.

“Yang jelas, sebelum kami terapkan pada masyarakat, operasi zebra ini kami terapkan terlebih dahulu kepada anggota kepolisian. Agar kita semua harus sama-sama tertib,” kata pucuk pimpinan di Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta itu.

Enam anggota Satlantas yang ditilang juga harus menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surakarta.  Hari ini, pada hari pertama pelaksaan operasi Zebra 2012, pihaknya juga akan melakukan pengecekan pada semua kendaraan anggota kepolisian yang ada di Mapolresta Surakarta.

Jika nanti ada kendaraan anggota polisi yang tidak lengkap atau tidak sesuai aturan dalam berlalu lintas, maka juga akan diberi hukuman tilang. “Tidak ada perbedaan dengan warga sipil. Jika ada yang salah dalam berlalu lintas, anggota polisi pun akan kami tilang,” tambah dia.

jbm/dhn