Ribuan Buruh Bergerak Menuju Gedung DPR/MPR

Puluhan ribu buruh yang terdiri dari berbagai serikat pekerja se-Jabodetabek melakukan aksi long march dari Bunderan Hotel Indonesia menuju Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2012). (sumber foto: Kompas)

Jakarta, FK – Ribuan buruh yang sebelumnya berunjuk rasa di Istana Merdeka mulai bergerak menuju Gedung Parlemen di Senayan, Jakarta.

Ribuan buruh tersebut bergerak menuju gedung DPR/MPR dengan menggunakan sepeda motor, mobil, dan puluhan bus yang sebelum parkir di lapangan parkir Monas.

“Rencana awalnya memang kami akan berjalan kaki ke gedung DPR/MPR. Tapi mengingat kondisi teman-teman sudah kelelahan, akhirnya kami memutuskan menggunakan bus,” ujar Koordinator Lapangan, M Yusro Khazim, di Jakarta, Kamis.

Massa berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (SPKEP).

Diperkirakan, akan ada 15.000 buruh yang ikut dalam aksi yang terkait Permenaker Outsourcing, Upah Layak, dan Jaminan Kesehatan seumur hidup bagi seluruh rakyat mulai 1 Januari 2014.

“Kami meminta agar DPR mendengarkan aspirasi kami,” harap dia.

Salah seorang pekerja perusahaan otomotif di Karawang, Husin, mengatakan pekerja juga menuntut upah layak yang disesuaikan dengan kebutuhan hidup layak di daerah masing-masing.

“Tahun ini, UMK Karawang sekitar Rp1,5 juta. Kami menuntut agar naik menjadi Rp2 juta, mengingat harga kebutuhan pokok sudah naik,” kata ayah dengan dua anak itu.

Akibat aksi unjuk rasa ini, sejumlah ruas jalan macet total. Polda Metro Jaya mengerahkan 19.557 personil, guna mengamankan aksi unjukrasa dari para buruh dan elemen mahasiswa tersebut.

Polda Metro Jaya juga mendapatkan bantuan petugas keamanan dari Mabes Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

ant