Rekaman The Beatles yang Ditolak Perusahaan Rekaman Dilelang

15 lagu direkam di studio milik Decca di London utara pada Januari 1962 oleh empat musisi dari Liverpool yang ketika itu memakai nama The Silver Beatles. (sumber foto: bnps)

London, FK– Rekaman audisi The Beatles, yang ditolak perusahaan rekaman Decca, dilelang di London, Selasa (27/11).

Tidak kurang dari 15 lagu direkam di studio milik Decca di London utara pada Januari 1962 oleh empat musisi dari Liverpool yang ketika itu memakai nama The Silver Beatles.

Bagi Paul McCartney, John Lennon, George Harrison, dan Pete Best (belakangan diganti Ringo Starr), audisi tidak membuahkan hasil karena mereka ditolak oleh Dick Rowe, dari Decca.

Saat itu Rowe lebih memilih kelompok lain, Brian Poole & The Tremeloes, yang juga melakukan audisi pada saat yang hampir bersamaan.

Rowe beralasan bahwa band dengan instrumen inti berupa gitar tidak akan laku di pasar.

Setelah ditolak Decca, The Beatles kemudian dikontrak perusahaan rekaman EMI dan menjadi salah satu band terbesar dalam sejarah musik pop.

Ted Owen dari The Fame Bureau, spesialis lelang memorabilia musik pop, mengatakan sepuluh lagu The Beatles yang dilelang ini memiliki arti yang unik.

Diperkirakan rekaman ini laku setidaknya 30.000 dolar AS.

Owen juga mengatakan lagu-lagu ini tidak akan dijual secara komersial oleh sang pemenang lelang, karena hak cipta semua lagu The Beatles dimiliki sendiri oleh kelompok tersebut.

kmp/dhn