Pagi Ini Jokowi – Basuki Rapat Pembangunan Pengolahan Sampah Modern

Basuki Tjahaya Purnama dan Joko Widodo (sumber foto: wartakota)

Jakarta, FK – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pagi ini memimpin rapat dengan Kepala Dinas Kebersihan Eko Bharuna. Rapat membahas rencana pembangunan pengolahan sampah modern Intermediate Treatment Facilities (ITF) di Sunter, Jakarta Utara. 

Selain itu, juga diagendakan rapat bersama Kepala Dinas Perindustrian Dan Energi tentang SPBG.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama tiba pukul 07.20 WIB di Balai Kota. Turun dari mobil dinasnya, Land cruiser B 1784 SKY, Ahok, demikian ia disapa, hanya melambaikan tangan ke arah wartawan dari balik kaca mobil yang dibuka.

Berselang 15 menit, Jokowi  tiba dengan mengendarai mobil Innova hitam B 1123 RFN. Jokowi yang mengenakan pakaian jas hitam dengan kemeja putih dan berdasi warna merah berlalu begitu saja saat hendak ditanya oleh wartawan.

Seperti diketahui, ketiga perusahaan yang berhak mengikuti beauty contest dalam pengolahan sampah modern ini adalah PT Phoenix Pembangunan Indonesia (kerjasama dengan Singapura), PT Jakarta Green Initiatives (kerjasama dengan Jepang) dan PT Wira Gulfindo Sarana (kerjasama dengan India).

Pemprov DKI akan membayar biaya pengolahan sampah sekitar Rp 400.000 per ton. Harga tersebut maksimal, karena menggunakan teknologi medium. Di sejumlah negara lain, yang teknologi lebih tinggi, pengolahan ada yang mencapai Rp1 juta per ton.

mdk/kmp/dhn/berbagaisumber