Nil Masih Rahasiakan Skuad Inti Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar
Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar. (Foto: premierleague)

Jakarta, FK – Pelatih Indonesia Nil Maizar memastikan tidak akan menyebut nama pemain inti dalam setiap pertandingan anak asuhnya karena skuad utama akan dipastikan sehari sebelum laga dimainkan. “Kita baru akan menentukan sebelas pemain inti yang akan turun dalam H-1 pertandingan. Selain itu jika saya sebut nama-nama itu, bisa mengecewakan pemain yang saya latih,” kata Nil Maizar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (17/11) malam.

Lebih lanjut mantan pelatih Semen Padang tersebut menerangkan, jika keadaan pemain yang diasuhnya baru benar-benar dipastikan siap bermain menilik keadaan fisik dan mentalnya. “Saya juga tidak akan pernah tahu kebugaran pemain menjelang laga, jadi kalau saya tentukan jauh-jauh hari mengenai pemain utama saya maka bisa menjadi tidak berguna,” kata Nil, yang juga menambahkan bahwa siapa juga yang bakalan tahu si pemain akan cedera menjelang pertandingan.

Nil Maizar mengakui permainan timnas saat melawan Kamerun sudah maksimal, hanya saja dia akan terus mengevaluasi semua aspek permainan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan. “Evaluasi itu harus dilakukan di setiap pertandingan dan lini. Yang terpenting bagi tim adalah mereka harus selalu bermain dengan hati. Mudah-mudahan anak-anak mempunyai motivasi tinggi untuk berbuat yang terbaik.”

Pada laga yang berkesudahan imbang 0-0 itu, Nil menurunkan sejumlah pemain yang tidak menjadi pemain utama pada laga melawan Timor Leste beberapa hari sebelumnya. Jhonny van Beukering tidak diduetkan bersama Bambang Pamungkas atau Bepe melainkan bermain secara bergantian. Andik Vermansyah dan Oktovianus Maniani dipasang dari awal mengganti tempat yang sebelumnya diisi Ellie Aiboy dan Vendry Mofu. “Saya tidak bisa bilang komposisi tim ini terbaik, yang lain bukan. Itu sama saja mengecewakan pemain,” kata Nil.

Nil juga belum angkat bicara mengenai pemain yang akan dicoret meski saat ini pemusatan latihan diikuti oleh 22 pemain sedangkan kuota maksimal Piala AFF berjumlah 23 orang. Dia juga memuji penampilan pemain Kamerun dan Van Beukering. “Kamerun memiliki kelebihan kekuatan, kecepatan dan postur tubuh yang besar. Sedangkan pemain naturalisasi Van Beukering punya kemampuan menjaga bola (ball keeping) yang bagus,” katanya.

“Mengenai penampilan Ellie yang belum positif, kami selalu punya banyak rencana strategi untuknya. Jika si A tidak main, ada pemain B,” lanjutnya. Indonesia akan memainkan pertandingan pertamanya di Grup B Piala AFF 2012 melawan Laos pada 25 November. Tiga hari kemudian timnas akan meladeni Singapura, lalu menghadapi tuan rumah Malaysia pada 1 Desember. -ant-

You might also like