Bila Enam Ruas Tol Ini Jadi, Jakarta Mirip Shanghai

Proyek 6 jalan tol di daerah casablanca (sumber foto: okezone)

Jakarta, FK – Gubernur DKI Jakarta Jokowi setuju adanya proyek nasional 6 ruas tol di dalam kota Jakarta. Sebelumnya sempat ada dugaan Jokowi tak menyetujui proyek nasional tersebut karena akan memprioritaskan transportasi massal.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan sangat bangga dengan rencana pembangunan 6 ruas tol melayang di dalam kota Jakarta. Jika proyek ini terwujud, maka sistem jalan tol DKI Jakarta akan menyerupai apa yang sudah berfungsi di Shanghai, China saat ini.

“Kalau 6 ruas jalan tol ini jadi, nanti akan mirip dengan Shanghai. Bedanya Shanghai sudah berfungsi, kita belum,” ungkap Hermanto saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta Selatan, Kamis (1/11).

Ia menambahkan pembangunan 6 ruas tol dalam kota Jakarta akan cepat terealisasi. Pasalnya, semua pihak termasuk Gubernur DKI Jakarta Jokowi telah menyetujui proyek ini.

“Pada prinsipnya, kita semua setuju. Dan ini sistem nasional, jangka panjang dan Pak Jokowi setuju,” ungkap Hermanto.

Alasan bakal cepat terealisasinya proyek karena kegiatan pembangunannya akan dibuat melayang dan tidak akan terlalu menghabiskan lahan di Jakarta. Selain itu, keenam ruas tol ini pun akan dilalui bus TransJakarta.

“Akan ada tahapan, intinya. Tanahnya nggak banyak. semua di atas (melayang). 1 lajur dedicated untuk busway,” katanya.

Seperti diketahui, proyek 6 ruas tol ini bernilai Rp 42 triliun. Jakarta Toll Development (JTD) menjadi satu-satunya perusahaan yang lolos kualifikasi proyek tol dengan panjang total 69,7 km ini. JTD telah menyerahkan dokumen ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum.

Operator tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) merupakan salah satu pemegang saham dalam JTD. Sisanya dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta dan beberapa BUMN Karya.

kmp/dhn