Hadapi Kamerun, Timnas Benahi Komunikasi

Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar
Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar. (Foto: premierleague)

Jakarta, FK – Jelang laga persahabatan menghadapi Kamerun, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, besok (17/11), pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar, memfokuskan diri untuk meningkatkan komunikasi antar pemain dari semua lini.

Komunikasi antar pemain dinilai oleh mantan pelatih klub Semen Padang sangat penting karena akan berdampak pada pola permainan yang akan ditampilkan saat menghadapi salah satu tim asal Afrika itu. “Komunikasi diharapkan bisa membangun kekompakan, memperbaiki koordinasi antar lini serta untuk membangun organisasi permainan yang rapi,” kata Nil Maizar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (16/11).

Menurut dia, masuknya pemain baru yang diantaranya pemain naturalisasi jelas membawa perubahan pada skema permainan. Hanya saja, Nil Maizar mengaku permasalahan yang ada sedikit demi sedikit bisa diatasi. Pertandingan melawan Kamerun, tuturnya, selain untuk melihat kekompakan tim juga akan dijadikan ajang evaluasi pada semua pemain sebelum turun di turnamen Piala AFF 2012 di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember mendatang. “Semua kelemahan pada pertandingan kemarin terus kami benahi termasuk lini depan. Kami berharap besok sudah ada perubahan,” kata mantan pelatih Semen Padang itu.

Pada latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Nil Maizar menginstruksikan pada semua pemain untuk menjalani latihan ringan. Hanya saja pada latihan itu disisipi dengan program latihan umpan-umpang silang. Semua pemain terlibat dalam latihan termasuk pemain naturalisasi yaitu Tonnie Cussel dan Johnny van Beukering. Pemain ini telah melakukan debutnya saat Timnas Garuda menghadapi Timor Leste di Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (14/11). “Kami juga terus mengasah mental pemain karena ini sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan saat akan melakukan shoot, passing maupun crossing,” kata Nil Maizar menambahkan.

Pertandingan ujicoba melawan Kamerun ini merupakan ujicoba terakhir sebelum berangkat ke Malaysia. Sesuai dengan rencana, Timnas Garuda akan bertolak ke Negeri Jiran ini pada Rabu (21/11) dan jumlah pemain yang dibawa sebanyak 22 orang. -ant/blc-