Daud Yordan Siap Pertahankan Gelar

Daud Yordan
Daud Yordan. (Foto: fightnews)

Singapura, FK – Juara dunia kelas bulu IBO Daud Yordan memasuki berat badan ideal di kelasnya (57,1 kg) menjelang pertarungan melawan penantangnya Choi Tseveenpurev di Marina Bay Sands Singapura, Jumat (9/11). “Berat badan saya sudah masuk ke berat ideal di kelas bulu yaitu 57,1 kilogram dan saya harus tetap mempertahankannya hingga acara timbang badan yang dijadwalkan digelar pada Kamis (8/11),” kata Daud Yordan ketika dihubungi dari Indonesia, kemarin lusa.

Ia mengatakan, dalam sisa waktu yang hanya dua hari ini, dirinya tetap menjalani latihan meskipun tahap ringan, yaitu joging untuk menjaga kebugaran tubuh dan “shadow box” untuk teknik.”Sekarang ini saya dalam kondisi siap untuk naik ring menghadapi petinju dari Inggris tersebut,” kata pemegang rekor bertarung 29 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan dua kali kalah tersebut.

Pelatih Daud Yordan, Damianus Yordan, mengatakan tidak mudah anak didiknya untuk mengalahkan penantangnya Choi Tseveenpurev meskipun usia yang bersangkutan sudah 41 tahun. Ia mengatakan, usia bukan halangan seorang petinju untuk meraih kejayaan. “Saya lihat di usia yang sudah 41 tahun itu, Choi memiliki keinginan yang tinggi,” katanya.

Hal yang sama, kata dia, Daud Yordan juga memiliki keinginan untuk mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu IBO yang direbutnya saat mengalahkan petinju Filipina Lorenzo Villanueva, 5 Mei 2012. Tetapi, kata Damianus yang juga kakak Daud Yordan tersebut, melihat persiapan yang dilakukan sejak dari Ketapang, Kalimantan Barat, hingga Jakarta, dan diteruskan di Singapura (sebelum naik ring), dirinya optimistis Daud bisa mengalahkan Choi. “Keinginan kami dan juga seluruh rakyat Indonesia, Daud Yordan bisa membawa kembali sabuk gelar juara dunia tersebut ke Tanah Air ini,” tandasnya.

Ketika ditanya kemungkinan Daud Yordan memukul KO lawannya, dia mengatakan kemungkinan itu tetap ada karena dirinya melihat bahwa menang dengan KO adalah memanfaatkan kesempatan di atas ring. “Saya tetap optimistis Daud Yordan bisa memukul KO Choi sebelum ronde ke-10 (dari 12 ronde yang direncanakan, red.),” katanya.

Soal kesiapan terakhir menghadapi petinju kelahiran Ulan Bator, Mongolia, yang menentap di Inggris tersebut, dia mengatakan, saat ini sudah dalam kondisi siap tanding. “Kita tinggal menunggu hari pertarungan saja. Semua materi latihan sudah saya berikan kepada Daud dan tinggal kiprah Daud saja di atas ring,” katanya.

Choi Tseveenpurev adalah petinju berasal dari Mongolia yang saat ini tinggal di Inggris. Pertarungan terakhir yang dijalani Choi adalah saat menang TKO pada ronde kedelapan atas petinju Bastien Rozeaux (Prancis) di The Troxy, Inggris, 23 Maret 2012.

Sementara itu, pertarungan terakhir Daud Yordan dengan rekor bertarung 29 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan dua kali kalah. Kemenangan KO terakhir Daud Yordan adalah saat mengalahkan Lorenzo Villanueva (Filipina) pada ronde kedua di Singapura, 5 Mei 2012.

-ant-