KPK IKLAN

Ceko Kawinkan Gelar Piala Fed dan Davis

Rep Ceko Juara Piala Davis
Tim Davis Rep Ceko mengangkat trofi juara. (Foto: daviscup)

Praha, FK – Tuan rumah Republik Ceko memenangi kejuaraan tenis beregu putra Piala Davis setelah Radek Stepanek menundukkan Nicolas Almagro dari Spanyol pada pertandingan penentuan di babak final, Minggu atau Senin (19/11) dini hari WIB.

Stepanek, petenis peringkat 37 dunia, mengalahkan petenis peringkat 11 dunia, Almagro, dengan skor 6-4, 7-6 (7/0), 3-6, 6-3 dalam waktu tiga jam 52 menit pada pertandingan yang digelar di lapangan keras O2 Arena, Praha.

Ceko mengangkat Piala Davis pertama mereka sejak merdeka menyusul perpisahan dengan Slovakia pada 1993. Cekoslovakia memenangi trofi ini pada 1980. Kemenangan ini juga merupakan pengawinan gelar bergengsi yang langka terjadi, setelah sebelumnya tim putri Ceko juga mengangkat Piala Fed di tempat yang sama dua pekan silam, dengan menundukkan Serbia.

Sebelumnya terakhir kali gelar bergengsi tenis beregu putra dan putri dapat disandingkan bersama dilakukan oleh tim AS pada 1990.

Pada pertandingan penentuan atau hari ketiga final, pendukung tuan rumah yang berjumlah lebih dari 14.000 orang menjadi penyokong utama bagi Stepanek untuk melupakan kelelahan setelah ia bermain di nomor tunggal pada Jumat (Sabtu WIB) dan nomor ganda pada Sabtu (Minggu WIB). Pertandingan Stepanek melawan Almagro yang sempat mendapat istirahat berlangsung dengan permainan servis sampai Stepanek mengamankan satu set point untuk melakukan break pada petenis Spanyol itu untuk menang 6-4 di set pertama.

Para penonton semakin riuh ketika Stepanek, yang mengombinasikan kesabaran dengan agresifitas, melepaskan serangkaian voli saat ia bangkit dari tertinggal 2-4 di set kedua. Ia gagal mengonversi empat set poin namun kemudian menaklukkan Almagro 7-0 pada tiebreak. Tetapi Stepanek, yang semakin bersemangat karena dukungan para penonton, menolak tunduk dan memenangi set keempat sekaligus set penentuan setelah kembali melakukan break terhadap serve Almagro.

Hasil lima pertandingan final Piala Davis

Sabtu dinihari WIB
Radek Stepanek V David Ferrer 3-6 4-6 4-6
Tomas Berdych V Nicolas Almagro 6-3 3-6 6-3 6-7(5) 6-3

Minggu dinihari WIB
Tomas Berdych /Radek Stepanek V Marcel Granollers/Marc Lopez 3-6 7-5 7-5 6-3

Senin dinihari WIB
Tomas Berdych V David Ferrer 2-6 3-6 5-7
Radek Stepanek V Nicolas Almagro 6-4 7-6(0) 3-6 6-3

You might also like