‘Black Cats’ Raih Kemenangan Tandang Perdana

Sunderland raih kemenangan tandang pertama
Sunderland raih kemenangan tandang pertama. (Foto: dailymail)

Sunderland, FK – Sunderland meraih kemenangan tandang pertama mereka di Liga Utama Inggris sejak Februari dan mengakhiri laju lima pertandingan tanpa kemenangan dengan mengalahkan Fulham 3-1 pada Minggu (18/11).Pemain Fulham Brede Hangeland diusir ke luar lapangan pada menit ke-31, namun meski gol pembuka tim tamu yang dibukukan Steven Fletcher mampu dibatalkan oleh Mladen Petric, gol-gol dari Carlos Cuellar dan Stephane Sessegnon memastikan kemenangan Sunderland. Dengan koleksi sepuluh, pasukan Martin O’Neill menjadi tim dengan raihan gol paling sedikit dari 92 klub liga di Inggris.

Kemenangan ini mendongkrak posisi Black Cats (Si Kucing hitam), julukan SUnderland, melampaui Wigan Athletic ke peringkat ke-15, tiga poin di atas zona degradasi, sedangkan Fulham tetap menghuni peringkat kesembilan.

Tandukan Dimitar Berbatov menyambut umpan silang Damien Duff masih melebar setelah pertandingan di Craven Cottage berlangsung lima menit, namun pertandingan babak pertama berlangsung relatif membosankan sampai Hangeland diusir wasit Lee Probert. Pemain Norwegia itu mendapat kartu merah karena melakukan tekel dua kali terhadap Lee Cattermole – yang merupakan pemain yang tidak asing dengan aksi-aksi brutal – dan meski pelatih Fulham Martin Jol bereaksi ragu-ragu, keputusan itu sangat tepat.

Aksi permainan operan bola yang dimainkan Sunderlang saat babak kedua baru berlangsung lima menit berujung pada gol pertama mereka. Sepakan bek kiri Fulham John Arne Riise membentur mistar gawang Sunderland, namun Sunderland segera melakukan serangan balik, dengan Adam Johnson yang mengirim umpan silang pada Fletcher, yang dengan mudah melesakkan bola ke gawang tim tamu melewati kiper Mark Schwarzer.

Petric masuk untuk menggantikan Bryan Luiz yang cedera dan melepaskan tembakan yang masih melambung di atas mistar gawang Sunderland, di sisi lain, Schwarzer masih mampu mengatasi tendangan melengkung Johnson. Fulham menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian, melalui sepakan Petric dari dalam kotak penalti yang bersarang di bagian atas gawang Sunderland, setelah Duff mengirim umpan silang mendatar melintasi mulut gawang dari sisi kiri.

Kedua tim untuk beberapa waktu tidak mampu menambah torehan gol, bagaimanapun, tandukan bek tengah asal Spanyol Cuellar yang menyambut tendangan penjuru Johnson membawa Sunderland kembali unggul tiga menit kemudian. Ini merupakan gol perdananya bagi Sunderland. Sessegnon memastikan kemenangan timnya melalui golnya di menit ke-70, setelah melewati penjaganya dan melepaskan tembakan dari jarak jauh yang bersarang di bagian dalam tiang kanan gawang Fulham.

Gol kedua Fletcher dianulir wasit karena dirinya sudah lebih dulu berada dalam posisi offside, sedangkan Sunderland berhutang pada kiper Simon Mignolet, yang mampu menggagalkan peluang Steve Sidwell dan Petric untuk menjaga keunggulan dua gol tim tamu. -ant/blc-