Bantu Keuangan Timnas, Bonek Galang Dana

Koin Untuk Timnas
Ilustrasi. (Foto: facebook grup FDSI)

Surabaya, FK – Masalah finansial yang membelit Timnas Indonesia yang akan berangkat ke Piala AFF 2012 membuat sejumlah elemen suporter di Indonesia turut prihatin, tak terkecuali Bonek (sebutan suporter Persebaya). Untuk membantu meringankan beban Nil Maizar dan pasukannya, Bonek berinisiatif untuk melakukan aksi penggalangan koin untuk Timnas.

Sebagaimana dilansir situs premierleague.co.id, Rabu (7/11), Bonek akan melakukan aksi tersebut pada Minggu (11/11) nanti di Taman Bungkul, Jalan Darmo, Surabaya. “Kita gelar di jalan protokol di Surabaya. Kebetulan bersamaan program car free day,” ujar koordinator aksi, Dedy Ambon, Rabu.

Puluhan Bonek kala lebih sudah menyatakan kesiapannya terlibat dalam aksi tersebut. Dedy berharap segenap warga Surabaya yang peduli terhadap Timnas sudi menyisihkan sebagian rejekinya demi kemajuan prestasi sepakbola nasional.

Berapapun koin yang terkumpul nanti akan diserahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng. Seperti diketahui, gerakan nasional ‘KOIN Untuk Timnas Indonesia’ hadir karena adanya kabar pemerintah melalui Menpora tidak akan mencairkan dana untuk skuad besutan Nil Maizar di Piala AFF.

Dedy menjelaskan, khusus di Surabaya, awalnya kegiatan tersebut dirancang dalam bentuk pengumpulan tanda tangan dukungan bagi timnas pada kain putih sepanjang 10 meter. “Kain itu nanti akan dibawa teman-teman bonek yang berangkat ke Malaysia menyaksikan langsung perjuangan timnas di Piala AFF,” sebut pentolan Bonek Brotherhood ini. Tapi begitu mendengar kabar Menpora tidak mencairkan dana bagi timnas pihaknya langsung bergerak untuk menggalang koin. “Teman-teman di daerah lain juga akan melakukan aksi yang sama,” ungkapnya.

Sementara itu, dedengkot Bonita (Bonek Wanita),Ita Siti Nasyi’ah, turut tak habis pikir dengan sikap Menpora yang menghambat kucuran dana bagi Skuad Garuda. “Bonek, ayo kita demo Menpora yang hambat dana untuk Timnas,” ajaknya melalui status BB-nya. Sebelumnya pemerintah selalu menanggung biaya kegiatan timnas melalui APBN, sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.

-blc-